EVALUASI PELAYANAN KOMUNIKASI, INFORMASI, DAN EDUKASI (KIE) TENAGA KEFARAMASIAAN YANG ADA DI KABUPATEN BOJONEGORO

Authors

  • Anysa Eka Laylly Nurjannah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Hadiyatul Lilfitriyani Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Abdul Basith Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Keywords:

Evaluasi Pelayanan KIE, Komunikasi informasi edukasi, pelayanan apotek

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang Evaluasi pelaanan, komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) enaga kerja kefarmasian yang ada di apotek tunggal kabupaten Bojonegoro. Penelitian dilakukan dngan metode deskriptif dengan model penelitian observasi. Data dikumpulkan dari 55 responden memalui checklist pada bulan maret sampai mei 2019. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitunon random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahewa dari 5 responden hanya sebagian yang melakukan pelayanan KIE sesuai standart jelas dalam berkomunikasi dengan presentase 981%, keramahan dalm berkomunikasi dengan pesntas sebesar 92,72% dan informasi aturan pemakaian obar dengan presentase sebesar 80,00%, sedangkan penilian presentase yang cukup rendah, informasi indikasi obat sebesar 74,54%, informasi cara pakai obat sebesar 72,72%, edukasi lama pemakaian obat dengan presentase 27,27% dan presentase yang rendah terdapat pada informasi cara penimpanan obat, dengan presentase sebesar 10,9% dan informasi efk samping obat presentas sbesar 7,27%.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Nurjannah, A. E. L., Lilfitriyani, H., & Basith, A. (2020). EVALUASI PELAYANAN KOMUNIKASI, INFORMASI, DAN EDUKASI (KIE) TENAGA KEFARAMASIAAN YANG ADA DI KABUPATEN BOJONEGORO. JAPRI : Jurnal Penjas Dan Farmasi, 3(1), 15–20. Retrieved from http://journal.unugiri.ac.id/index.php/JAPRI/article/view/148