FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SUPLEMEN VITAMIN C DI BOJONEGORO

Authors

  • Romadhiyana Kisno Saputri Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Endah Yuliani Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

Keywords:

Faktor yang mempengaruhi konsumen, keputusan pembelian, suplemen vitamin C

Abstract

Vitamin C bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Vitamin C merupakan vitamin larut dalam air dan sering digunakan sebagai suplemen. Fungsi vitamin C bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Dengan semakin banyaknya konsumsi suplemen vitamin C di pasaran berarti memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk memilih merek yang sesuai dengan keinginannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan untuk membeli produk suplemen vitamin C. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatifmenggunakan metodesurvey yang dilakukan selama 2 bulan, yaitu Mei-Juni 2020 di Wilayah Kelurahan Klangon Kecamatan Bojonegoro. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kelurahan Klangon kecamatan Bojonegoro yang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi produk suplemen Vitamin C. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang ditentukan oleh peneliti adalah sebesar 100 orang dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan secara acak untuk memperoleh sampel dari populasi yang dimaksud, agar diperoleh data yang baik maka dipilih dengan menggunakan metode wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data adalah proses penyederhanaan data ke dalam bentuk yanglebih mudah dipahami. Data yang dikumpulkan dari kuesioner diolah melaluiproses editing, coding, scoring, entry, cleaning, dan analisis data. Untukmenganalisis data dalam penelitian ini digunakan analisis deskriptif kualitatif , akan dibuat formulasi regresi linier berganda, pengujian validitas dan uji realibilitas dengan Analisis Koefisien Determinasi (R²), Uji T (Uji Parsial), Uji F (Uji Simultan), Uji Validitas dan Uji Realibilitas. Dari hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa masing-masing variabel kebudayaan, variabel sosial, variabel pribadi dan variabel psikologis secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel Y keputusan pembelian produk.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Saputri, R. K., & Yuliani, E. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SUPLEMEN VITAMIN C DI BOJONEGORO. JAPRI : Jurnal Penjas Dan Farmasi, 3(1), 44–52. Retrieved from http://journal.unugiri.ac.id/index.php/JAPRI/article/view/161