PENGEMBANGAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN AIR TANAH DAN AIR PERMUKAAN DI SEKOLAH DASAR KELAS V

Abstract View: 366, pdf Download: 312

Authors

  • Suyatmi Suyatmi Universitas Muhammadyah Palembang

Keywords:

Research and Development, Media Tiga Dimensi, Pelajaran IPA, Air Tanah dan Air Permukaan.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena hasil belajar siswa belum mencapai tujuan yang diinginkan serta penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal khususnya dalam pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan produk media tiga dimensi pada pelajaran IPA pokok bahasan air tanah dan air permukaan, (2) Mendeskripsikan efek potensial produk media tiga dimensi pada pelajaran IPA pokok bahasan air tanah dan air permukaan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D). Model yang digunakan dalam pengembangan adalah model pengembangan Tessmer. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Islam AL Alifah Palembang Tahun Ajaran 2018/2019. Objek dari penelitian ini adalah media tiga dimensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media tiga dimensi yang dikembangkan dinyatakan valid. Kevalidan ini berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dengan diperoleh nilai 61 yang menunjukkan nilai 61 ? 54 sehingga termasuk dalam kriteria sangat valid, sedangkan hasil validasi dari ahli media memperoleh nilai 65 yang menunjukkan nilai 65 ? 54 sehingga termasuk dalam kriteria sangat valid. Kepraktisan media tiga dimensi berdasarkan hasil validasi dari praktisi IPA, ujicoba pada skala kecil. Efek potensial media tiga dimensi berdasarkan uji coba lapangan dengan dieroleh nilai rata-rata 84 sehingga termasuk dalam kriteria tinggi.

References

Downloads

Published

2020-06-01

How to Cite

Suyatmi, S. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN AIR TANAH DAN AIR PERMUKAAN DI SEKOLAH DASAR KELAS V. JEC (Journal of Education and Counseling), 2(1), 150–160. Retrieved from https://journal.unugiri.ac.id/index.php/JEC/article/view/154
Abstract View: 366, pdf Download: 312