PENGEMBANGAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN AIR TANAH DAN AIR PERMUKAAN DI SEKOLAH DASAR KELAS V

Authors

  • Suyatmi Suyatmi Universitas Muhammadyah Palembang

Keywords:

Research and Development, Media Tiga Dimensi, Pelajaran IPA, Air Tanah dan Air Permukaan.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena hasil belajar siswa belum mencapai tujuan yang diinginkan serta penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal khususnya dalam pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan produk media tiga dimensi pada pelajaran IPA pokok bahasan air tanah dan air permukaan, (2) Mendeskripsikan efek potensial produk media tiga dimensi pada pelajaran IPA pokok bahasan air tanah dan air permukaan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D). Model yang digunakan dalam pengembangan adalah model pengembangan Tessmer. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Islam AL Alifah Palembang Tahun Ajaran 2018/2019. Objek dari penelitian ini adalah media tiga dimensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media tiga dimensi yang dikembangkan dinyatakan valid. Kevalidan ini berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dengan diperoleh nilai 61 yang menunjukkan nilai 61 ≥ 54 sehingga termasuk dalam kriteria sangat valid, sedangkan hasil validasi dari ahli media memperoleh nilai 65 yang menunjukkan nilai 65 ≥ 54 sehingga termasuk dalam kriteria sangat valid. Kepraktisan media tiga dimensi berdasarkan hasil validasi dari praktisi IPA, ujicoba pada skala kecil. Efek potensial media tiga dimensi berdasarkan uji coba lapangan dengan dieroleh nilai rata-rata 84 sehingga termasuk dalam kriteria tinggi.

References

Ali, M dan Ansori, M. 2014. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib, Z. 2013. Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsini dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajawali Pers.
Arsyad, A. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
BNSP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
__________. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Indriana, D. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran.Yogyakarta: DIVA Press.
Kadir, Abd & Hanun A. 2015. Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Kawuryan, S.P. et al. 2017. Pembelajaran Tematik Berbasis Permainan Tradisional dan Scientific Approach di kelas IV. Yogyakarta: CV Cantrik Pustaka.
Khusniati, M. 2012. Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (2), 204-210 (online) http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2140.
Krisnawati, Ari. 2013. Penggunaan media tiga dimensi untuk meningkatkan hasil belajar di sekolah dasar. Jurnal PGSD, 1 (2)
Lestari, Sugiyanti Puji., dkk. 2012. Pengembangan Ruang Terbuka Hijau dalam Upaya Mewujudkan Sustainable city. Jurnal Administrasi Publik, 2 (3)
Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bndung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.
Nana Sudjana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.
Nisa, Laila Afifatun. 2014. Pengembangan media tiga dimensi pada materi ragam suku bangsa dan budaya dalam pembelajaran IPS kelas IV Madrasah Ibtidaiyah AL falah Blitar. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, Universitas Negeri Maulana malik Ibrahim.
Nismalasari, DKK. 2016. Penerapan model pembelajaran learning cycle terhadap keterampilan proses dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan getaran harmonis. Jurnal Edu Sains, (4)
Purwanto, Edi. 2007. Jurnal Ilmiah Perancangan Kota dan Pemukiman. Semarang: Perumahan Graha Estetika.
Richey, R, C., Klien, D, K and Nelson, W, A. 2002. Development research studies of instructional design and development. Dalam Haviz, M. 2013. Research anda Development, Penelitian Di Bidang Kependidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Jurnal Ilmiah Ta’dib, 16 (1)
Sadiman, Arief S. 2006. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Samsudi. 2010. Ruang terbuka Hijau Kebutuhan Tata Ruang Perkotaan Kota Surakarta. Journal of Rural and Development, 1 (1)
Sanaky, H. A. 2013. Media Pembelajaran Interaktif Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dirpantara.
Saputra, S. Ofik Taufik Purwadi dan Sumiharni. 2016. Studi Air Tanah Berbasis Geographick Information System (GIS) di Kota Bandar Lampung dalam Journal RSDD, 4 (03)
Sardiman, A .M. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Siswoyo, D.2013. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sudjana, N & Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Dalam Krisnawati, Ari. 2013. Penggunaan media tiga dimensi untuk meningkatkan hasil belajar di sekolah dasar. Jurnal PGSD, 1 (2)
__________.2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan,Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumiati. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafinda Persada.
Tessmer, M. 1993. Planing and conducting formative evaluations. London: Kogan Page. Dalam Haviz, M. 2013. Research and Development, Penelitian Di Bidang Kependidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Jurnal Ilmiah Ta’dib, 2016 (1)
Usman, M. Basyirun dan Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Widiana, I Wayan. 2016. Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal ISSN. 5 (2)

Downloads

Published

2020-06-01

How to Cite

Suyatmi, S. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN AIR TANAH DAN AIR PERMUKAAN DI SEKOLAH DASAR KELAS V. JEC (Journal of Education and Counseling), 2(1), 150–160. Retrieved from http://journal.unugiri.ac.id/index.php/JEC/article/view/154