SURVEI AKTIVITAS OLAHRAGA REKREASI AKHIR PEKAN DI ALUN-ALUN KABUPATEN BOJONEGOROTAHUN 2018

Authors

  • Hilmy Aliriad

Keywords:

Rekreasi Akhir Pekan, Tingkat Aktivitas Olahraga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi aktivitas olahraga rekreasi akhir pekan yang dilakukan masyarakat di alun-alun Kabupaten Bojonegoro.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner dan angket.Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling incidental. Hasil penelitian membuktikan bahwa olahraga rekreasi yang dilakukan pada akhir pekan di alun-alun Kabupaten Bojonegoro tahun 2017 sudah termasuk kategori tinggi. Secara terperinci baik mengenai motivasi intrinsik maupun motivasi ekstrinsik masyarakat termasuk dalam kategori tinggi dengan di tunjukkan prosentase 90%. Faktor yang mempengaruhi aktivitas olahraga rekreasi di Alun-alun Kab. Bojonegoro yaitu faktor lingkungan pekerjaan dan faktor lingkungan keluarga dengan prosentase 90%. Dari hasil pengisian angket dapat disimpulkan rata-rata faktor yang mempengaruhi untuk beraktivitas olahraga adalah 84 %.

References

Abdullah, Arma dan Agus Manaji, 1994. Dasar-Dasar PendidikaJasmani. Jakarta: Direktoral Jendral Pendidikan Tinggi Derpartemen Pendidikandan Kebudayaan.
Ali, Muhammad.1994. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa
Arikunto, S. 2002 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.
_________. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara
_________.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :PT Rineka Cipta
Ateng, Abdulkadir 1992. Asas dan Landasan Pendidikan Jasmani. Depdikbud
Djamarah, Syaiful Bahri, 2008. Psikologi Belajar, Jakarta :Rineka Cipta.
Eva Faridah. 2004. Survei Minat Olahraga Renang Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kab. semarang Tahun Pelajaran 2003/2004.(Skripsi). Semarang:FIK
Irwansyah, 2006. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Bandung: Grafindo Media Pratama
Murni M, Yudha M. Saputra.2000. Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Rusli Lutan 2000. Pengukuran dan Evaluaisi Penjaskes. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.
Slameto,2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakarta : Rineka Cipta.
Sudjana, Nana dan Ibrahim 2007. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Sinar baru Algenskasa.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2020-06-01

How to Cite

Aliriad, H. (2020). SURVEI AKTIVITAS OLAHRAGA REKREASI AKHIR PEKAN DI ALUN-ALUN KABUPATEN BOJONEGOROTAHUN 2018. JEC (Journal of Education and Counseling), 2(1), 188–197. Retrieved from http://journal.unugiri.ac.id/index.php/JEC/article/view/157