ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI SOAL CERITA PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS

Authors

  • Dhitamaulia Mahfuud Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Heni Pujiastuti Universitas Sultan Agung Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.32665/james.v3i2.137

Keywords:

kemampuan pemahaman siswa, fungsi komposisi, difficulty understanding students, composition functions

Abstract

This study aims to determine class X students' difficulty in understanding story questions on the material composition function and inverse function. This research is a qualitative descriptive study with a sample of class X students in SMA Negeri 3 Cilegon. Data analysis of difficulty understanding story problems obtained through tests, observations, and documentation. For data validation, the data reduction, data review, and conclusion drawing stages are used. This study's results indicate that students' ability to understand story problems in the material composition function and inverse function is still low. It can be seen that only 6.25% of students can complete the test correctly so that it is categorized high, 31.25% is classified as moderate, and 62.5% is classified as low.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami soal cerita pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Cilegon. Data analisis kesulitan pemahan soal cerita diperoleh melalui tes dan dokumentasi. Untuk validias data digunakan tahap reduksi data, pengajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami soal cerita pada materi  fungsi komposisi dan fungsi invers masih rendah. hal tersebut dapat dilihat bahwa hanya 6,25% siswa yang mampu menyelesaikan tes dengan sempurna sehingga dikategorikan tinggi, 31,25% tergolong sedang, dan 62,5% lainnya tergolong rendah.

Author Biography

Heni Pujiastuti, Universitas Sultan Agung Tirtayasa

Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

References

[1] T. T. Wiwin and Y. Mogi, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Rata-Rata Hitung,” Pros. Semin. Nasiional Reforming Pedagog., 2016.
[2] Diana, “PEMANFAATAN ICT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI ANAK USIA DINI Diana Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang,” pp. 1–10.
[3] Alhamuddin, “Sejarah Kurikulum di Indonesia,” Nur El-Islam, vol. 1, p. 2, 2014.
[4] Muhammedi, “Perubahan kurikulum di indonesia : studi kritis tentang upaya menemukan kurikulum pendidikan islam yang ideal,” Raudhah, vol. IV, no. 1, pp. 49–70, 2016.
[5] I. W. Redhana, “Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia,” J. Inov. Pendidik. Kim., vol. 13, no. 1, 2019.
[6] T. Mulyati, “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar (Mathematical Problem Solving Ability of Elementary School Students),” EDUHUMANIORA J. Pendidik. Dasar, vol. 3, no. 2, pp. 1–20, 2016.
[7] Masjaya and Wardono, “Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningatkan SDM,” Prism. Pros. Semin. Nas. Mat., vol. 1, pp. 568–574, 2018.
[8] H. N. Dinni, “HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika,” Prisma, vol. 1, pp. 170–176, 2018.
[9] F. E. S. Eti Nurhayati, “Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa,” J. Math. Educ. Alphamath, vol. 3, no. 3, pp. 66–78, 2017.
[10] A. Setyaningrum and I. Rosyidah, “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas X,” 2019.
[11] A. S. Utami, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Komposisi Fungsi di SMK Bakti Purwokerto,” J. Math. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 48–56, 2017.
[12] S. Waluyo, “Analisis Kesulitan Siswa Kelas XI Menyelesaikan Soal Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers di SMA Al-Washliyah Tanjung Morawa T.A 2015/2016,” Prosidining Semin. Nas. SINASTEKMAPAN 2018, vol. I, no. November, pp. 941–952, 2018.
[13] M. dkk Linarwati, “Studi Deskriptif Pelatihan Dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview Dalam Merekrut Karyawan Baru Di Bank Mega Cabang Kudus,” J. Manage., vol. 2, no. 2, pp. 1–8, 2016.
[14] A. Rijali, “Analisis Data Kualitatif,” Alhadharah J. Ilmu Dakwah, vol. 17, no. 33, p. 81, 2019.
[15] M. B. N. Wajdi, M. Ali, and V. N. S. Lestari, “Definisi Dan Karakteristik Makalah,” Defin. Dan Karakteristik Makal., vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2017.
[16] D. E. Setyowati, M. Si, U. Proboyekti, S. Kom, and A. Kesimpulan, “KESIMPULAN , SARAN Dan ABSTRAK,” pp. 1–5, 2012.

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

[1]
D. Mahfuud and H. Pujiastuti, “ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI SOAL CERITA PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS”, JaMES, vol. 3, no. 2, pp. 51–54, Oct. 2020.