MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING BERBASIS ZONE OF PROXIMAL DEVELOPMENT (ZPD)

Authors

  • Roby Firdian Ruswanda Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Achi Rinaldi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Siska Andriani Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Gusti Ayu Farah Nabilla Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32665/james.v3i2.138

Keywords:

Berpikir kreatif matematis, Zone Of Proximal Development, Mathematical creative thinking, Experiential Learning

Abstract

This research's background is the students' mathematical creative thinking abilities that are rarely of concern so that they are generally classified as low. This study aims to determine the Zone of Proximal Development Experiential Learning model's effect based on improving mathematical creative thinking skills. The design of this study uses the Quasi-Experimental Design form. This study's population were students of class VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung with a sample of two experimental classes and one control class. Data analysis used the One Way Anova test, and the significance level was 5%. Based on the average increase, the Experiential Learning Model, based on the Zone of Proximal Development, is as good as the Experiential Learning Model. The Experimental Learning Model is based on Zone Of Proximal Development is better with conventional learning, Experiential Learning Model is better with conventional learning.

 

Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang jarang menjadi perhatian sehingga secara umum masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini mengetahui pengaruh model pembelajaran Experiential Learning berbasis Zone Of Proximal Development untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Desain penelitian ini menggunakan bentuk Quasi Experimental Disign. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung dengan sampel dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji One Way Anova dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan rata – rata peningkatan disimpulkan bahwa Model pembelajaran Experiential Learning berbasis Zone Of Proximal Development  sama baiknya dengan Model pembelajaran Experiential Learning,  Model pembelajaran Experiential Learning berbasis Zone Of Proximal Development  lebih baik dengan pembelajaran konvensional, Model pembelajaran Experiential Learning  lebih baik dengan pembelajaran konvensional.

References

[1] Siswono, Tatag Yuli Eko. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains Vol. 1 No. 10 (2005): Hal. 3.
[2] Rahman, Riski. “Hubungan Antara Self- Concept Terhadap Matematika Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa.” Infinity Journal 1 No. 1 (2012): Hal. 20.
[3] Munandar. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
[4] A Kolb, David. “Experiental Learning Theory: Previous Research And New Directions.” Department Of Organizational Behavior.
[5] Utaya, Sugeng. “Pengaruh Model Experiental Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Siswa Sma.” Jurnal Pendidikan: Teori,Penelitian Dan Pengembangan Vol. 1, No. 11 (2016): Hal. 2097.
[6] Sutiarso, Sugeng. “Scafollding Dalam Pembelajaran Matematika.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan Mipa, 2009, Hal.2.
[7] Sapta, Andy. “Pengaruh Model Pembelajaran Experiental Learning Terhadap Komunikasi Matematis Siswa.” Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6, No. 2 (2017): Hal. 98.
[8] Nur Cahyono, Adi. “Vygotskian Perspective: Proses Scaffolding Untuk Mencapai Zone Of Proximal Development(ZPD) Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika.” Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Yogyakarta 2010 (27 November): Hal. 443-444.
[9] Rinaldi, Achi. “Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif.” Al-Jabar Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 7, No.1 (2016): Hal. 118.
[10] Darmani, Jamroni Wibi, Dan Achi Renaldi. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Model Pembelajran Reciprocal Teaching Dengan Fieldtrip.” Desimal : Jurnal Matematika 1no. 3 (2018).
[11] Susanto, Hery, Achi Rinaldi, Dan Novalia. “Analisis Validitas Reliabilitas Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Pada Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Kels XII IPS Di SMA Negeri 12 Bandar Lampung.” Al - Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika 6 No. 2 (2015): 207

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

[1]
R. F. Ruswanda, A. Rinaldi, S. Andriani, and G. A. F. Nabilla, “MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING BERBASIS ZONE OF PROXIMAL DEVELOPMENT (ZPD)”, JaMES, vol. 3, no. 2, pp. 55–60, Oct. 2020.