PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TAPPS MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI TERHADAP PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP

Authors

  • Yulita Anggun Sari Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Mohammad Muhassin Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Indah Resti Ayuni Suri Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Rizki Wahyu Yunian Putra Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32665/james.v3i2.140

Keywords:

Cooperative Learning tipe TAPPS, gamifikasi, Penalaran Matematis, Kepercayaan Diri, Mathematical Reasoning, Self Confidence

Abstract

This research aims to determine the influence between the application of TAPPS type cooperative learning using gamification teaching materials and conventional learning, the difference between high, medium, and low Self Confidence, and the interaction between TAPPS type cooperative learning and Self Confidence toward the ability of mathematical reasoning. This research used a quasi-experimental method and subjects of SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan with 64 students. The sample class used were two classes by using Cluster Random Sampling. Hypothesis testing conducted in this research uses two-way ANAVA with ∝=5%. The results showed: (1) learning using TAPPS type cooperative learning using gamification teaching materials is more effective than learning with conventional methods, (2) there is a self-confidence effect on mathematical reasoning abilities, high Self Confidence is better than medium and low self-confidence and the ability of mathematical reasoning with medium Self Confidence is better than low Self Confidence, (3) there was no interaction between TAPPS type cooperative learning and Self Confidence in mathematical reasoning abilities.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara penerapan cooperative learning tipe TAPPS  menggunakan bahan ajar gamifikasi dan pembelajaran konvensional, perbedaan antara kepercayaan diri yang tinggi, sedang dan rendah, dan  interaksi antara cooperative learning tipe TAPPS dan kepercayan diri terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Jenis penelitian in adalah Quasy Eksperimental, Penelitian dilakukan di SMP Negeri Natar Lampung Selatan dengan jumlah siswa 64.  Sampel kelas yang digunakan adalah dua kelas dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pengujian hipotesis menggunakan ANAVA dua arah dengan ∝ = 5%. Hasil penelitian ini adalah: (1) Cooperative learning tipe TAPPS  menggunakan bahan ajar gamifikasi lebih berpengaruh daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan penalaran matematis (2) Kemampuan penalaran matematis dengan kepercayaan diri yang tinggi lebih baik daripada kepercayaan diri sedang dan rendah serta kemampuan penalaran matematis dengan kepercayaan diri yang sedang lebih baik daripada kepercayaan diri rendah (3) Tidak ada interaksi antara cooperative learning tipe TAPPS dan  kepercayaan diri terhadap kemampuan penalaran matematis.

References

[1] Sumartini, T. S. Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1) (2015) 1-10.
[2] Kani, N. H. A., & Shahrill, M. Applying the thinking aloud pair problem solving strategy in mathematics lessons. Asian Journal of Management Sciences and Education, 4(2), (2015) 20-28.
[3]Sukamto, “Strategi Quantum Learning dengan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Disposisi dan Penalaran Matematis Siswa”, (Jurnal of primary education, Universitas Negeri semarang, JP, (2013)
[4] Lusi Lusiyana Aminah, Wardani Rahayu, dan Ellis Salsabila, “Penerapan Teknik Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Di Kelas Viii-5 Smp Negeri 27 Jakarta,” (2015). t.t., 10.
[5] Yanuarti, M., Usodo, B., & Riyadi, R. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) dan Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Sikap Percaya Diri Siswa SMPN Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pembelajaran Matematika, (2014) 2(10).
[6] Pate, M.L., Wardlow, G.W & Johnson, D.M. Effects Of Thinking Aloud Pair Problem Solving On The Troubleshooting Performance In A Power Technology Course. Journal Of Agricultural Education 45. (2004)
[7] Rembulan, A., & Putra, R. W. Y. Pengembangan Bahan Ajar Gamifikasi pada Materi Statistika Kelas VIII. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2) (2019)
[8] Heni Jusuf, “Peggunaan Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran” 5 (2016) 6.
[9] Amalia, Y., Duskri, M., & Ahmad, A. “Penerapan Model Eliciting Activities untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Confidence Siswa SMA”. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2). (2015)
[10]Ghufron,dkk. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. (2011)
[11] Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta. (2017).
[12]Novalia, M. S., & Syazali, M. (2014). Olah Data Penelitian Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Rahaja.

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

[1]
Y. A. Sari, M. Muhassin, I. R. A. Suri, and R. W. Y. Putra, “PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TAPPS MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI TERHADAP PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP”, JaMES, vol. 3, no. 2, pp. 61–67, Oct. 2020.

Most read articles by the same author(s)