ANALISIS BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Ahmad Abdul Azis Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Yuberti Yuberti Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Indah Resti Ayuni Suri Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32665/james.v3i2.142

Keywords:

Berpikir Kritis Matematis, Student Facilitator and Explaining, Kemandirian Belajar, Self-Reliance Learning, critical thinking mathematically

Abstract

The purpose of this research is to analyze student facilitators and explaining models on critical thinking mathematically. Analyzing the level of self-reliance learning on critical math learners' ability, analyzing student facilitators' interaction, and explaining critical thinking critical math and self-reliance learners. Research conducted in class X SMK Muhamadiyah 2 Bandar Lampung. This type of research is Quasi-Experimental Design. Sampling techniques are done in a simple Random Sampling; data collection techniques are conducted through tests and nontest. The type of test to think critically about mathematical mathematics is an objective test that is a matter of description (essay), testing this hypothesis using variance analysis (ANAVA) Two paths with unequal cells. The results of learning data analysis of Student Facilitator and Explaining the ability of critical thinking mathematically better than conventional learning models. The high learning of students, the better the ability to think critically of students mathematically. There is no interaction between Student Facilitator and Explaining learning models and the self-reliance learning level towards learners' mathematical thinking skills.

 

Tujuan penelitian ini ialah menganalisis model Student Facilitator and Explaining terhadap berpikir kritis matematis, menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis kemandirian belajarerhadap peserta didik, menganalisis interaksi Student Facilitator and Explaining terhadap berpikir kritis matematis dan kemandirian peserta didik.Penelitian dilakukan di kelas X SMK Muhamadiyah 2 Bandar Lampung.Jenis penelitian Quasi Experimental Design.Pengambilan sampel dilakukan secara Simpel Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non tes. Jenis tes untuk Berpikir Kritis Matematis matematika adalah tes obyektif yaitu berupa soal (essay). Pengujian hipotesis ini dengan analisis variansi (ANAVA) dua jalan dengan sel tak sama. Adapun hasil analisis data pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan berpikir kritis lebih baik dari model pembelajaran konvensional. tingginya kemandrian belajar peserta didik maka semakin baik kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan tingkat kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

References

[1] Hasanah, U. N., Thahir, A., Komaruddin, K., & Rahmahwaty, R. (T.T.). Murder Learning And Self Efficacy Models: Impact On Mathematical Reflective Thingking Ability. Journal For The Education Of Gifted Young Scientists, 7(4), 1123–1135.
[2] Heksa, A. H. A., & Anwar, H. A. H. (2019). Tradisi Katoba Sebagai Media Pendidikan Karakter Anak Pada Masyarakat Desa Kondongia Kecamatan Lohia Kabupaten Muna Tahun 1960-2017. Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah Uho, 2(2).
[3] Supriani, Y. (2017). Menumbuhkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Berbantuan Quipper School. Jipmat, 1(2).
[4] Wahyuningsih, A. N. (2012). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf Untuk Pembelajaran Yang Menggunakan Strategi Pq4r. Journal Of Innovative Science Education, 1(1), 13-21.
[5] Muslim, S. R. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Student Facilitator and Explaining Dalam Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smk Di Kota Tasikmalaya. Jp3m (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 1(1), 65–72.
[6] Suhendariyanti, S. (2014). Peningkatan Prestasi Belajar Ipa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining Siswa Kelas Ixe Smp Negeri 01 Wonoasri Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2013/2014. Florea: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 1(2).
[7] Yanto, Y., & Juwita, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 1(1), 53–60
[8] Awal, Y. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Penguasaan Materi Persamaan Linier Satu Variabel (Plsv) Dan Persamaan Linier Dua Variabel (Pldv) Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1).
[9] Nita, D. E., Achmad, A., & Pramudiyanti, P. (2014). Pengaruh Penerapan Model Mind Mapping Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Dan Penguasaan Materi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 2(6).
[10] Fauzi, M. N., & Jati, N. H. D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (Sfe) Berbasis Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.
[11] Laksmini, N. N. E., Sedanayasa, G., & Sudana, D. N. (2014). Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Semester I. Mimbar Pgsd Undiksha, 2(1).
[12] Hidayat, H. (2018). Urgensi Pembukaan Unit Layanan Pendidikan Bimbingan Dan Konseling (Bk) Di Setiap Program Studi Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Pendidikan Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Al-Ashlah: Journal Of Islamic Studies, 2(2), 1–24.
[13] Lestari, N. W. I., Kristiantari, M. R., Negara, I. G. A. O., & Ke, S. P. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Sfe (Student Facilitator and Explaining) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus 1 Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Mimbar Pgsd Undiksha, 2(1).
[14] Rodiyana, R. (2018). Analisis Model Cooperative Learning Type Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1).
[15] Saifuddin, A., Nasikh, N., & Utomo, S. H. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (Sfe) Dengan Menggunakan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Lintas Minat Ekonomi Di Sma Negeri 02 Batu. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Economic Education Journal), 8(1).
[16] Dwijananti, P., & Yulianti, D. (2010). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2), 111-121.
[17] Syahbana, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika.
[18] Putri, H., & Sahyar, S. (T.T.). Analisis Pengaruh Proses Pembelajaran Dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Di Kelas X Madrasah Aliyah. Inpafi (Inovasi Pembelajaran Fisika), 7(3).
[19] Fatta, H., & Marco, R. (2015). Analisis pengembangan dan perancangan sistem informasi akademik smart berbasis cloud computing pada sekolah menengah umum negeri (smun) di daerah istimewa yogyakarta. Telematika, 8(2).
[20] Mahmuzah, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 4(1).
[21] Setiawan, W. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Dengan Menggunakan Model Penemuan Terbimbing. Jurnal Ilmiah P2m Stkip Siliwangi, 2(1), 91–97.
[22] Fidiana, L., Subali, B., & Dwijananti, P. (2012). Pembuatan Dan Implementasi Modul Praktikum Fisika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Xi. Upej Unnes Physics Education Journal, 1(2).
[23] Hidayanti, W., Merti Triyanti, M. P., Widiya, M., & Si, M. P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Sma Negeri Tugumulyo. Stkip Pgri Lubuklinggau, Lubuklinggau.
[24] Nurhayati, E. (2017). Penerapan Scaffolding Untuk Pencapaian Kemandirian Belajar Siswa. Jp3m (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 3(1), 21–26.
[25] Sundayana, R. (2016). Kaitan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp Dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84.
[26] Sutrisno, S., & Indiati, I. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 13(2), 163–172.
[27] Indriaty, N. (2013). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Metode Mengajar, Kemandirian Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Mahasiswa Jurusan Akutansi Angkatan 2010 Universitas Maritim Raja Ali Haji. Jurnal. Umrah. Ac. Id.
[28] Hasan, A. Z., Trapsilasiwi, D., & Setiawani, S. (2017). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (Sfae) Dan Ekspositori Di Kelas Viii Mts Negeri Jember 1. Jurnal Edukasi, 4(2), 52–57.
[29] Heni, V., Duda, H. J., & Supiandi, M. I. (2017). Penerapan Metode Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Peta Timbul Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sel. Jpbio (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(2), 20–26.
[30] Tamarli, T., & Akhyar, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (Sfe) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Sistem Hukum Dan Peradilan Di Indonesia. Jurnal Serambi Ilmu, 19(1), 57–63.
[31] Verawati, V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Sfe (Student Facilitator and Explaining) Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sdn 3 Branti Raya. Uin Raden Intan Lampung.
[32] Egok, A. S. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar Unj, 7(2), 186–199.
[33] Muhtadi, D., & Sukirwan, S. (2017). Implementasi Pendidikan Matematika Realistik (Pmr) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12.

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

[1]
A. A. Azis, Y. Yuberti, and I. R. A. Suri, “ANALISIS BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK”, JaMES, vol. 3, no. 2, pp. 69–77, Oct. 2020.