PROFIL BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMK BERKEMAMPUAN SEDANG DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED

Abstract View: 156, pdf Download: 215

Authors

  • Retno Nur Aisyah Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.32665/james.v3i1.96

Keywords:

pendekatan open-ended, , profil berfikir tingkat tinggi, open-ended approach, high-level thinking profile

Abstract

In solving a problem, students will use a way to solve it but found students who have difficulty using this method and need other ways to solve it. This is because the level of thinking of each student is different and to solve a problem, students can use different methods, from which the researcher is inspired to use the open-ended approach to find out the profile of high-level thinking in moderate-ability vocational students. This research is a qualitative research that aims to determine the profile of high-level thinking of moderate-capable vocational students using the open-ended method.

Dalam menyelesaikan suatu permasalahan, siswa akan menggunakan sebuah cara dalam penyelesaiannya namun  dijumpai  siswa yang kesulitan jika menggunakan cara tersebut dan membutuhkan cara lain agar bisa menyelesaikannya. Hal ini dikarenakan tingkat berfikir setiap siswa berbeda dan untuk memecahkan suatu permasalahan, siswa dapat menggunakan cara yang berbeda, dari hal tersebut peneliti terinspirasi untuk menggunakan metode pendekatan open-ended untuk mengetahui profil berpikir tingkat tinggi pada siswa SMK berkemampuan sedang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui profil berpikir tingkat tinggi siswa SMK berkemampuan sedang dengan menggunakan metode open-ended.

 

References

[1] Widyastuti, Agung, P. W., Wayan, R., & Rini, R. T. (2019). MINAT SIAWA TERHADAP MATEMATIKA DAN HUBUNGANNYA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DAN EFIKASI DIRI. Jurnal Pendidikan Matematika , 13, 83-100.
[2] Lambertus, Arapu, L., & Patih, T. (2013). Penerapan Pendekatan Open - Ended Untk Meningkatkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika , 73-82.
[3] Nusrotus, S., Hayu, D. Y., & Eka, M. (2019). ANALISIS INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING MATEMATIKA SMP. Jurnal Pendidikan Matematika , 41-54.
[4] Winarso, W. (2014). Membangun Kemampuan Berfikir Matematika Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Induktif, Deduktif dan Induktif-Deduktif Dalam Pembelajaran Matematika. EduMa , 95-118.
[5] Lewy, Zulkardi, & Nyimas, A. (2009). PENGEMBANGAN SOAL UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET BILANGAN DI KELAS IX AKSELERASI SMP XAVERIUS MARIA PALEMBANG. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA , 14-28.

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

[1]
R. N. Aisyah, “PROFIL BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMK BERKEMAMPUAN SEDANG DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED”, JaMES, vol. 3, no. 1, pp. 23–27, Apr. 2020.
Abstract View: 156, pdf Download: 215