PENGARUH APE BOWLING HURUF HIJAIYYAH TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYYAH ANAK USIA DINI

Abstract View: 314, pdf Download: 344

Authors

  • Siti Labiba Kusna UNU Sunan Giri
  • Maratus Shalikah UNU Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.32665/abata.v1i1.236

Keywords:

Educational Game Tools;, Bowling Hijaiyyah Letters;, Recogniz-ing Letter.

Abstract

This study aims to determine the effect of the bowling hijaiyyah educational game tool on the ability to recognize hijaiyyah letters for children aged 4-5 years at RA Al-Makmur Mayangrejo, Kalitidu District, Bojonegoro. This research uses quantitative research with an experimental approach. The subjects in this study were all 15 children of group A in RA Al-Makmur. Data was collected by using interview, observation and documentation techniques. The data analysis technique in this study was statistical tests and described the data. The results of research and hypothesis testing have shown that the achievement of children's development in recognizing hijaiyyah letters has increased, so that the hijaiyyah bowling educational game tool has an effect on better cognitive development, namely children are able to recognize hijaiyyah letters. Descriptive analysis obtained from the results of the Wilcoxon sign test can be seen that the Asymp value. Sig. <0.05, so it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted. So, there is a significant influence on the development of the ability to recognize hijaiyyah letters between before and after the use of the hijaiyyah bowling educational game tool. This increase shows that the bowling hijaiyyah educational game tool affects the ability to recognize hijaiyyah letters for children aged 4-5 years.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati, Johni. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Furchan, Arief. 2005. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Hartoyo, Bambang. 2004. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jawa Tengah: Materi Tutor dan Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini BPPLSP Regional III

Hasan, Purwakania. 2006. Psikologi Perkembangan Islami. Jakarta: Rajawali Press.

Hurlock, Elizabet B. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan.

Husain, Abd. Karim. Seni Kaligrafi Khat Naskhi. 1988. Tuntunan Menulis Halus

Huruf Arab dengan Metode Komparatif. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya. Iqromah,

Fitri. 2018. Identifikasi Kemampuan Anak Dalam Mengenal Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 1 Tahun ke 7.

Isjoni. 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Ismail, Andang. 2006. Education Games: Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan : Perdana Mulya Sa-rana.

Khairi, Husnuzziadatul. 2018. “Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun” dalam Jurnal Warna Vol. 2 , No. 2.

Kusumaningtyas, Nila. 2014. Alat Perminan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Karawang: Delacita.

Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Murniningsih. 2012. Pengenalan Huruf Hijaiyyah pada Anak Usia Dini.

Mussen, Paul Henry, dkk. 1994. Perkembangn dan Kepribadian Anak, Terjemahan F.X. Budiyanto, Gianto Widianto, Arum Gayatri, Arcan.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Permendikbud No. 146 tahun 2014.

Purnamasari, Ariavita. 2005. Kamus Perkembangan Bayi & Balita, Jakarta: Erlangga.

Rahman, Shofiatun A. 2010. Alat Permainan Edukatif Untuk Program PAUD, Palu: Tadulako University Press.

Rasyid, Harun, dkk. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Rita Rosmalia, Rita, dkk. Metode dan Evaluasi Pengembangan Kognitif.

Santrock , John W. 1995. Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup, Ja-karta: Erlangga

Sugiyono. 2010. Statistik untuk Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. INDEKS.

Sukardi. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Suman-to. 1995. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offiset.

Suryabrata, Sumadi. 1987. Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyadi. 2009. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogja. Trihendra,

Cornelius.2005. Statistik Inferen Teori Dasar & Aplikasinya Menggunakan SPSS 12. Jogjakarta: Andi Offset, 2005.

Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yunanto, Anjrah Herry. 2013. Penerapan Metode Bermain Bowling Aritmatika Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif. Skripsi Sarjana Strata Satu (S1), Ilmu Pendidikan Prodi PG PAUD Universitas Negeri Semarang.

Yus, Anita. 2012. Model Pendidikan Anak Uisia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.

Downloads

Published

2021-09-23

How to Cite

Labiba Kusna , S. ., & Shalikah , M. . (2021). PENGARUH APE BOWLING HURUF HIJAIYYAH TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYYAH ANAK USIA DINI. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 16–26. https://doi.org/10.32665/abata.v1i1.236

Issue

Section

Articles
Abstract View: 314, pdf Download: 344