PENGARUH LATIHAN INTERVAL TERHADAP KEBUGARAN PADA PENCAK SILAT

Authors

  • Agus Prasetiyo Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Wahyu Setia Kuscahyaning Putri
  • Olivia Dwi Cahyani

Keywords:

Latihan Interval, Kebugaran, Pencak Silat

Abstract

Dari hasil pengamatan peneliti diketahui bahwa siswa terlalu cepat kelelahan saat melakukan latihan dalam permainan, kemudian pada saat melakukan latihan dalam permainan siswa tidak terlalu banyak terlihat pergerakannya karena begitu cepat kelelahan. Penelitian ini bertujuan melihat adakah pengaruh latihan interval terhadap kebugaran pada siswa ekstrakurikuler pencak silat di SMK Darus Salam Soko tahun 2020. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah quasi Experiment dengan one group pretest and posttest design. Subjek penelitian ini adalah sebagian siswa ekstrakurikuler pencak silat di SMK Darus Salam Soko sebanyak 12 responden. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes Multistage Fitness Test (MFT). Hasil penelitian yang diperoleh dari uji Wilcoxon Signed Ranks Test dapat dilihat bahwa nilai sig. 0,002 < 0,05 maka hipotesis diterima yang menunjukkan bahwa ada pengaruh latihan interval terhadap kebugaran pada siswa ekstrakurikuler pencak silat di SMK Darus Salam Soko tahun 2020. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pengaruh latihan interval terhadap kebugaran pada siswa ekstrakurikuler pencak silat di SMK Darus Salam Soko tahun 2020 dengan peningkatan rata-rata yang signifikan sebesar 2,27 ml/kg/min.

References

Harsono. 2016. Latihan Kondisi Fisik. Bandung: Rosdakarya.

Hastuti, Tri Ani. 2008. “Kontribusi Ekstrakurikuler Bolabasket Terhadap Pembibitan Atlet Dan Peningkatan Kesegaran Jasmani.” Indonesian Journal Of Physical Education 5(April):45–50.

Irianto, D. P. 2012. Dasar Kepelatihan Olahraga. Jogjakarta: Diktat UNY.

Nurhasan. 2011. Tips Praktis Menjaga Kebugaran Jasmani. Gresik: Abil Pustaka.

Pramono. 2012. Kesehatan Olahraga Di Sekolah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukadiyanto. 2011. Pengantar Teori Dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: Lubuk Agung.

Downloads

Published

2021-06-21

How to Cite

Agus Prasetiyo, Wahyu Setia Kuscahyaning Putri, & Olivia Dwi Cahyani. (2021). PENGARUH LATIHAN INTERVAL TERHADAP KEBUGARAN PADA PENCAK SILAT. Citius : Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan, 1(1), 5–8. Retrieved from http://journal.unugiri.ac.id/index.php/citius/article/view/186