Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning

Authors

  • Rizky Ayudhityasari Universitas Veteran Bangun Nusantara

Keywords:

Hasil Belajar , Motivasi Belajar, Problem Based Learning, Bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Bolopleret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa sekolah dasar kelas III yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, angket dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data dilakukan secara deskriptif baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Motivasi belajar siswa yang berkategori “tinggi” yang awalnya pada siklus I sebesar 64% atau 16 siswa. Pada siklus II menjadi 92% atau 23 siswa.  2) Hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai 32% atau 8 siswa yang tuntas. Setelah tindakan pada siklus I, sebanyak 11 siswa atau sebesar 44% belum mencapai ketuntasan belajar, 14 siswa atau sebesar 56% telah tuntas. Siklus II meningkat menjadi 4 siswa atau sebesar 16% belum tuntas, 21 siswa atau sebesar 84% telah tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model problem bases learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

02-08-2021

How to Cite

Ayudhityasari, R. (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 57–64. Retrieved from http://journal.unugiri.ac.id/index.php/jurmia/article/view/199