MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN MEDIA ADOBE FLASH

  • Ahmad Mukhayat Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Mujib Mujib Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Rizki Wahyu Yunian Putra Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Mardiyah Mardiyah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Adolf Simatupang Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Pemahaman Konsep Matematis, Advance Organizer, Adobe Flash, Understanding of Mathematical Concepts

Abstract

The purpose of this study was to determine whether there is an influence on the advanced organizer learning model using adobe flash assisted learning media to improve understanding of mathematical concepts. This research is a quasi-experimental study. The variables in this study consisted of two types, namely the independent variable and the dependent variable. In this study the advance organizer learning model assisted by Adobe Flash becomes the independent variable and the understanding of mathematical concepts becomes the dependent variable. The population of this study was students of class VIII at SMP Negeri 7 Bandar Lampung. The sample in this study was divided into 3 classes, namely classes VIII-J and VIII-I (experimental class) and class VIII-E (control class). The instrument used was a test, then the data analysis for hypothesis testing using ANOVA. Based on the results and analysis of the data that there is an influence of the use of advance organizer learning models using adobe flash assisted learning media on the ability of understanding students' mathematical concepts.

Tujuan penelitian ini ialah guna mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran advance organizer menggunakan media pembelajaran berbantuan adobe flash untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini ialah suatu penelitian eksperimen semu. Penelitian inimemiliki dua macam variabel yakni bebas dan variabel terikat. Pada penelitian ini model pembelajaran advance organizer berbantuan adobe flash menjadi variabel bebas dan pemahaman konsep matematis menjadi variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 7 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini terbagi menjadi 3 kelas yaitu kelas VIII-J dan VIII-I (kelas eksperimen) dan kelas VIII-E (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan adalah tes, selanjutnya analisis data untuk uji hipotesis menggunakan ANOVA. Berdasarkan hasil dan analisis data bahwa adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran advance organizer menggunakan media pembelajaran berbantuan adobe flash terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.

References

[1] Sarniah, Siti, Chairul Anwar, and Rizki WahyuYunian Putra, “Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis”, Journal of Medives : Jounal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3 (2019), 88
[2] Yuna, Yuni Agsa, Mujib, and Indah Resti Ayuni Suri, "Model Pembelajaran SRAMBLE Dan Time Token Arends (TTA) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik", Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, (2018), 476
[3] Hendriana, H, dkk, Hard Skills dan Soft Skill Matematika Siswa, Bandung: PT. Refika Aditama, (2017), 3-4
[4] Priyambodo, Sudi. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Metode Pembelajaran Personalized System Of Instruction.” Jurnal Musharafa 5, No. 1 (2016), 10
[5] Nurdin, Syafruddin. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri, 2016.
[6] Masykur, Rubhan, Nofrizal, and Muhamad Syazali, "Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Macromedia Flash", AlJabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8 (2017)
[7] Wahyuningsih, Jamaluddin, Dan Karnan.
“Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Macromedia Flash Dan Implikasinya Terhadap Keterampilan Metakognitif Dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas Viii Smpn 6 Mataram.” J. Pijar Mipa 10, No. 1 (2015).
[8] Yuliawati, Fitri, "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS3 Professional Dalam Pembelajaran IPA Berbasis Integrasi Islam- SAINS Di SD/MI Kelas 5", Jurnal Pendidikan Ke SD-An, 3 (2017)
[9] Mulyatiningsih, E. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung: Alfabeta, (2013)
[10] Martinah, Ani Sopian, Oktavia Hari Kharisma,Sri Purwati Nasution, and Agus Pahrudin, "Pengaruh Model Pembelajaran Master Terhadap Literasi Matematis Ditinjau Dari Perbedaan Gender", Journal Of Mathematics Education and Science, 2 (2019), 77
[11] Trianto,Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana, 2011
[12] Nurdalilah, and Haryati Ahda Nst, "Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Matematika", Jurnal Matematics Paedagogic, III (2019)
Published
2020-04-30
How to Cite
Mukhayat, A., Mujib, M., Putra, R., Mardiyah, M., & Simatupang, A. (2020). MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN MEDIA ADOBE FLASH. Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 39-44. https://doi.org/https://doi.org/10.32665/james.v3i1.133