EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN ALJABAR DI SMP SE-KABUPATEN BOJONEGORO

  • Dian Nurul Safitri IKIP PGRI Bojonegoro
Keywords: pembelajaran e-learning, prestasi belajar, E-learning, learning achievement

Abstract

This research aims to determine whether there is a positive influence of e-learning on mathematics learning achievement on the algebra subjects in junior high schools in Bojonegoro district. This research is a quasi-experimental research with two research variables. The dependent variable in this research is the mathematics learning achievement and the independent variable from this research is the learning model. This research was analyzed by using t-test with the analysis prerequisite test that is the normality test with the liliefors method and homogeneity test with the F test method. The result of this research is that there is a positive influence of e-learning on mathematics learning achievement on algebra subjects in junior high school in Bojonegoro district.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif pembelajaran e-learning terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan aljabar di SMP sekabupaten Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan dua variabel penelitian. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar matematika dan variabel bebas dari penelitian ini adalah model pembelajaran. Penelitian ini dianalisis menggunakan uji t dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan metode liliefors dan uji homogenitas dengan metode uji F. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh pengaruh positif pembelajaran e-learning terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan aljabar di SMP sekabupaten Bojonegoro.

References

[1] Anderson, J, IT, E-Learning and Teacher Development, International Journal, 5 (2005) 1-14.
[2] Anam, N, Pengembangan Pembelajaran Berbasis E-Learning Perspektif Alessi & Trollip, Al Qodiri, 5 (2013) 17- 31
[3] Kranzow, J., Hayland, N, Faculty and Student Views of Using Digital Tools to Enhance Self-Directed Learning and Critical Thinking. International Journal of Self-Direct Instructed Learning, 8 (2011) 11-27.
[4] Moore, J. L., Deane, C. D., Galyen, K, E-learning, Online Learning, and Distante Learning Environments: Are They the Same?, Internet and Higher Education, 11 (2011) 129-135
[5] Rian, Pentingnya Teknologi dalam Kehidupan sehari-hari, diambil dari https://lensa.univ-ekasakti-pdg.ac.id/84/ pentingnya-teknologi-dalam-kehidupan-seharihari.html pada tanggal 6 Januari 2018
[6] Sriwihajriyah, N., Ruskan, E. L., Ibrahim, A, Sistem Pembelajran dengan E-Learning untuk Persiapan Ujian Nasional pada SMA Pusri Palembang. Jurnal Sistem Informasi, 4 (2012) 450-467.
[7] Suharyanto, Mailangkay,A.B, Penerapan E-Learning sebagai Alat Bantu Mengajar dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya, 3 (2016).
Published
2018-10-25
How to Cite
Safitri, D. (2018). EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN ALJABAR DI SMP SE-KABUPATEN BOJONEGORO. Journal of Mathematics Education and Science, 1(October), 49-53. https://doi.org/https://doi.org/10.32665/james.v1iOctober.31