ANALISIS VALIDITAS DAN PRAKTIKLITAS LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM KONTEKS YOGYAKARTA

  • Rino Richardo Universitas Alma Ata
  • Adhetia Martyanti Universitas Alma Ata
  • Suhartini Suhartini Universitas Alma Ata
Keywords: Lembar Kerja Siswa, Etnomatematika, Valid, Praktis, Student Worksheets, Practical, Ethnomathematics

Abstract

The purpose of this research was to develop and produce valid and practical Student Worksheet based on ethnomathematics of  Yogyakarta context. The subjects of this research were teachers and students of SMP Negeri 1 Piyungan Yogyakarta class VII E. The collecting data were used validation questionnaire and practical questionnaire. The result showed that the worksheets were very valid and very practical. The validity rate was of 3,7, the practicality rate was 98% based on teachers assessment and rate was 82% based on students assessment.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis etnomatematika dalam konteks Yogyakarta memenuhi kriteria Valid dan Praktis. Subjek Penelitian ini adalah guru dan siswa SMP Negeri 1 Piyungan Yogyakarta kelas VII E. Pengumpulan data menggunakan angket validasi dan angket kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis. Dengan rata-rata nilai validitas adalah 3,7, rata-rata nilai kepraktisan adalah 98% melalui penilaian guru serta rata-rata nilai kepraktisan adalah 82% melalui penilaian siswa.

References

[1] Setiana, Dafid Slamet. Urgensi Pengembangan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sendika. (2018), 376-383. 12 Mei, Purwerejo.
[2] De Bono, E. Mengajar Berpikir (Terjemahan oleh Soemardjo). Jakarta : Erlangga. (1990).
[3] Fachrurazi, Tesis PPs, Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematika Siswa SD, S3 Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia, (2011).
[4] Abdullah, Ahmad Anis, and Rino Richardo. Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memilih Makanan Sehat Dengan Pembelajaran Literasi Matematika Berbasis Konteks. Jurnal Gantang 2.2 (2017): 89-97.
[5] Sholihah, Dyahsih Alin, and Widha Nur Shanti. Pembelajaran Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6.1 (2018), 71-82.
[6] Richardo, Rino, Ahmad Anis Abdullah, Yuherni. Identifikasi Kreativitas Siswa Slow Learner Dalam Memecahkan Masalah Matematika. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika 1.1 (2018), 39-45.
[7] Richardo, Rino. Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika pada Kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 7.2 (2017), 118-125.
[8] D’Ambrosio,Ubiratan.Ethnomathematics: Link Between Traditions and Modernity. Roterdam/ Taipei: Sense Publishers. (2001).
[9] Ubayanti, Chandra Sri, Happy Lumbatobing, Mayor MH Manurung. Eksplorasi Etnomatematika Pada Sero (Set Net): Budaya Masyarakat Kokas Fakfak Papua Barat. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya 2.1 (2016), 11-17.
[10] Surmilasari, Nora. Pengembangan LKS Matematika Berbasis Konstruktivisme Untuk Pembelajaran Materi Perkalian Dua Matriks Di Kelas XII SMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. (2012), 635-642. 10 November, Yogyakarta.
[11] Muliyardi. 2006. Desertasi PPs Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Menggunakan Komik di Kelas 1 Sekolah Dasar. S3 Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. (2011)
[12] Izzati, N. Desertasi PPs, Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. S3 Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia, (2012).
Published
2018-10-25
How to Cite
Richardo, R., Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). ANALISIS VALIDITAS DAN PRAKTIKLITAS LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM KONTEKS YOGYAKARTA. Journal of Mathematics Education and Science, 1(October), 77-83. https://doi.org/https://doi.org/10.32665/james.v1iOctober.41