MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

  • Adi Ihsan Imami Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan pemecahan masalah, Problem Based Learning, problem solving

Abstract

One alternative model of learning that is expected to improve problem-solving skills is the Problem Based Learning model. This research aims to examine the problem-solving abilities of junior high school students. This study is classified as Quasi Experiments that was conducted at SMP Nurul Huda in Karawang. This research was an experimental design with 80 seventh grade student as a sample, it is divided into two different classes as a Problem Based Learning class and conventional learning class. The two classes were given pretest and posttest to determine students' problem-solving abilities. The results showed that problem solving abilities students who obtained learning with Problem Based Learning were better than students who received conventional learning. The success of students in learning mathematics with Problem Based Learning and problem-solving problems shows good results.

 

Salah satu alternatif model dan pendekatan pembelajaran yang diperkirakan dapat meningkatkan kemampuan tersebut adalah model Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa SMP. Penelitian ini termasuk Kuasi Eksperimen yang dilakukan pada salah satu SMP di kota Karawang, Penelitian ini adalah suatu eksperimen berdisain  dengan sampel 80 siswa kelas VII pada dua kelas yang berbeda sebagai kelas Pembelajaran Berbasis Masalah dan kelas pembelajaran konvensional. Kedua kelas yang diteliti diberikan pretes dan postes untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa.  Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan  pemecahan masalah dan minat belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan Pembelajaran Berbasis Masalah lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Keberhasilan siswa terhadap pelajaran matematika dengan Pembelajaran Berbasis Masalah serta terhadap soal-soal pemecahan masalah menunjukkan hasil yang baik.

 

References

[1] Ruseffendi, E. T., Penelitian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika, Bandung: Tarsito. (1988).
[2] Sagala, Syaiful., Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta. (2011).
[3] Nurhasanah, Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa SMA, Tesis PPs UPI, tidak diterbitkan, (2009).
[4] Arends, Richard, Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. (2008).
[5] Sumartini, T, Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah, Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut Volume 5, (2016).
Published
2018-10-25
How to Cite
Imami, A. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Journal of Mathematics Education and Science, 1(October), 85-89. https://doi.org/https://doi.org/10.32665/james.v1iOctober.42