PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODUL BILINGUAL BERGAMBAR BERBASIS KEWIRAUSAHAAN PADA ARITMETIK SOSIAL

  • Ratri Septyani Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Agus Salim Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Rosida Rakhmawati Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Rubhan Masykur Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Keywords: modul bilingual bergambar, kewirausahaan, aritmatika sosial, pictorial bilingual modules, entrepreneurship, social arithmetic

Abstract

This article has intention to develop entrepreneurship-based bilingual media modules on the subject of social arithmetic. This research is classified as research and development that used the ADDIE development model. Data collection technique used validation questionnaire and feedback questionnaire. The data analysis technique of this research used descriptive quantitative to obtain score from validator and students’ feedback. While descriptive qualitative was applied to obtain and describe the data which contains of comment, suggestion and revision, improvement from the validator. Based on the results of the validation, it can be said that entrepreneurship-based bilingual module was eligible and worthy, while from the students’ response and feedback, it can be said that the product was interesting. In conclusion, the bilingual module media can be used and applicable as a mathematics teaching material on the subject of social arithmetic.

 

Artikel ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media modul bilingual bergambar berbasis kewirausahaan pada pokok bahasan aritmatika social. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi dan angket respon. Tehnik analisis data yang digunakan digunakan dalam penelitian dan pengembangan yaitu, deskriptif kuantitatif untuk mengolah data dalam bentuk skor dari penilaian oleh validator dan respon siswa, sedangkan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data berupa komentar saran perbaikan dari validator. Berdasarkan hasil validasi terhadap pengembangan media modul bilingual bergambar berbasis kewirausahaan mendapatkan kriteria sangat layak dan berdasarkan angket respon mendapatkan kriteria sangat menarik. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan media modul bilingual yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar matematika pada pokok bahasan aritmatika sosial.

References

[1] Anggoro, B.S., Pengembangan Modul Matematika dengan Strategi Problem Solvin Untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa, Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), (2015) 121–130.
[2] Hamdi, S., dan Abadi, A.M., Pengaruh motivasi, self-efficacy dan latar belakang pendidikan terhadap prestasi matematika mahasiswa PGSD STKIP-H dan PGMI IAIH, Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), (2014) 77–87.
[3] Irwandani, I., Potensi Media Sosial dalam Mempopulerkan Konten Sains Islam, Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), (2016) 173–177.
[4] Putri, N.M.L.K., Parmiti, D.D.P., dan I Komang S.S.P., Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Bahasa Isyarat Berbasis Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas V DI SDLB-B Negeri I Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018, Jurnal EDUTECH Undiksha, 8(2), (2017).
[5] Rahmadi, F., Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Berorientasi pada Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika, Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), (2015) 137–145.
[6] Sandiyanti, A., & M, R. R. Pengembangan Modul Bilingual Bergambar Berbasis Quantum Learning pada Materi Peluang, Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), (2018) 157–164.
[7] Sari, W. R., Pengembangan perangkat pembelajaran bangun ruang di SMP dengan pendekatan pendidikan matematika realistic, Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), (2016) 109–121.
[8] Trilaksono, D., Darmadi, D., dan Murtafi’ah, W., Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Adobe Flash Professional Berbasis Literasi Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), (2018).
Published
2019-04-25
How to Cite
Septyani, R., Salim, A., Rakhmawati, R., & Masykur, R. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODUL BILINGUAL BERGAMBAR BERBASIS KEWIRAUSAHAAN PADA ARITMETIK SOSIAL. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 1-9. https://doi.org/https://doi.org/10.32665/james.v2i1.46