PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Nuriza Siregar Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Suherman Suherman Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Rubhan Masykur Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Rahma Sari Ningtias Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Keywords: Learning Media, E-Comic Mathematics, Media Pembelajaran, E-Comic Matematika

Abstract

This article intends to develop mathematics learning media in the form of e-Comic in mathematics teaching and learning. The method of this research was eight stages developing from Borg and Gall which has been modified by Sugiyono. Instrument of this research was validation questionnaire and feedback questionnaire for students. Technique of data analysis used descriptive quantitative and descriptive qualitative. To test the effectiveness, the researcher implied and used t test. The result shows that media of learning in the form of e-Comic mathematics on the arithmetic subject was eligible. It was obtained from validator. While, the effectiveness of media was obtained from the results of the post-test t-test of students with the results obtained 14.333 and  2.109 so that. It can be defined that the class which was taught by implementing and using e Comic media was better that the conventional class. In conclusion, the developed media can be used as a medium of learning mathematics and it is applicable in mathematics teaching and learning.

 

Artikel ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berupa e-Comic dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah 8 tahap metode pengembangan dari borg and gall yang sudah dimodifikasi oleh Sugiyono. Instrument yang digunakan adalah angket validasi dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Uji yang digunakan untuk melihat keefektifan media adalah uji t. hasil penelitian ini adalah sebuah media pembelajaan berupa e-Comicmatematika pada pokok bahasan aritmetik dengan kriteria kelayakan yang didapat dari validator sangat layak, kemenarikan yang didiapat dari peserta didik sangat menarik. Sedangakan keefektifan media didapatkan dari hasil uji t post-test peserta didik dengan hasil perhitungan diperoleh  dan  sehingga  dalam arti kelas yang medapat kemampuan pemecahan masalah  perlakuan pembelajaran media e-Comicmatematika lebih baik (efektif) dari pada kelas yang mendapat perlakuan metode ceramah (tidak menggunakan media pembelajaran). Berdasarkan semua ini dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika.

References

[1] Yuliasari, E., Eksperimentasi Model PBL dan Model GDL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar, JIPM J. Ilm. Pendidik. Mat., 6(1), (2017) 1–10.
[2] Widyawati, S., Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas IX SMP di Kota Metro, Iqra J. Kaji. Ilmu Pendidik., 1(1), (2017) 47–68.
[3] Cahyono, A. E. Y., Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Pbl Berorientasi Pada Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Inisiatif Siswa, Pythagoras J. Pendidik. Mat., 12(1), (2017) 1–11.
[4] Rahmadi, F., Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Berorientasi Pada Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematika, Pythagoras J. Pendidik. Mat., 10(2), (2015) 137–145.
[5] Sari, W. R., Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang Di Smp Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, J. Ris. Pendidik. Mat., 3(1), (2016) 109–121.
[6] Sudarsana, I. K., Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Alam Terbuka, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Hindu, (2018) 159–166.
[7] Hamdi, S. dan Abadi, A. M., Pengaruh Motivasi, Self-Efficacy dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Prestasi Matematika Mahasiswa Pgsd Stkip-H Dan Pgmi Iaih, J. Ris. Pendidik. Mat., 1(1), (2014) 77–87.
[8] Masykur, R., Nofrizal, N., dan Syazali, M., Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Macromedia Flash, Al-Jabar J. Pendidik. Mat., 8(2), (2017) 177–186.
[9] Irwandani, I., Potensi Media Sosial Dalam Mempopulerkan Konten Sains Islam, Tadris J. Kegur. Dan Ilmu Tarb., 1(2), (2016) 173–177.
[10] Meijayanti, D., Developing Contextual Teaching And Learning-Based Learning E-Comic On Social Arithmetic Materials For Junior High School Grade VII, J. Pendidik. Mat.-S1, 5(3), (2016).
[11] Sutrisno, T., Pengembangan Komik Ipa Fisika Sebagian Media Pembelajaran Peserta Didik Pokok Bahasan Gerak, Phd Thesis, UIN Raden Intan Lampung, 2018.
[12] Sari, F. K., Farida, F., dan Syazali, M., Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) Berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan, Al-Jabar J. Pendidik. Mat., 7(2), (2016) 135–152.
[13] Purwanti, B., Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Dengan Model Assure, J. Kebijak. Dan Pengemb. Pendidik., 3(1), (2015).
[14] Syarifuddin, M. H., “Pengembangan E-Komik Sebagai Media Pembelajaran Keamanan Jaringan Materi Kriptografi,” It-Edu, 1(1), (2016).
Published
2019-04-25
How to Cite
Siregar, N., Suherman, S., Masykur, R., & Ningtias, R. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 11-19. https://doi.org/https://doi.org/10.32665/james.v2i1.47