PERBANDINGAN STRATEGI BELAJAR AKTIF TIPE JOEPARDY REVIEV DENGAN TIPE HOLLYWOOD SQUARES REVIEW DENGAN PENDEKATAN VISUAL THINKING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

  • Ria Indriani Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Imam Syafe'i Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Siska Andriani Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Keywords: Strategi aktif Tipe Joepardy Reviev, Strategi aktif Tipe Tipe Hollywood Squares Review, Pendekatan Visual Thinking, kemampuan pemahaman konsep matematis

Abstract

This study aims to compare the Active Learning Type Type Joepardy Reviev with the Type of Hollywood Squares Review with a Visual Thinking Approach to the ability to understand the mathematical concepts of students. This type of research is quantitative research. Data collection techniques used are essay tests, questionnaires and interviews. The data analysis technique used is hypothesis testing using 2 way ANAVA. Based on the results of the study, there were differences in the ability to understand the mathematical concepts of students by using the active learning type Jeopardy Review and Hollywood Squares Review strategies using the Visual Thinking approach. The Hollywood Squares Review active learning strategy with the Visual Thinking approach provides a better influence on students' ability to understand mathematical concepts. This can be seen from the average value of the mathematics concept comprehension test results of the experimental class 2 students using the Hollywood Squares Review type active learning strategy with Visual Thinking approach of 78,346 higher than the experimental class 1 using the Jeopardy Review type active learning strategy with the Visual Thinking approach is 77,500.

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan Strategi Belajar Aktif Tipe Joepardy Reviev Dengan Tipe Hollywood Squares Review Dengan Pendekatan Visual Thinking terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes essay, angket dan wawancara. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dengan menggunakan anava 2 jalan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Jeopardy Review dan Hollywood Squares Review dengan pendekatan Visual Thinking. Strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares Review dengan pendekatan Visual Thinking memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas eksperimen 2 yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares Review dengan pendekatan Visual Thinking sebesar 78,346 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen 1 yang menggunakan strategi pebelajaran aktif tipe Jeopardy Review dengan pendekatan Visual Thinking sebesar 77,500.

References

[1] S. W. Sudarman dan I. Vahlia, “Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa,” Al-Jabar J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 2, hlm. 275–282, 2016.
[2] D. D. Pratiwi, “Pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis,” Al-Jabar J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 2, hlm. 191–202, 2016.
[3] L. Sukariasih, “Penggunaan Strategi Konflik Kognitif Untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa pada Materi Pokok Gerak Lurus,” J. Apl. Fis., vol. 12, no. 2, 2016.
[4] Martunis, M. Ikhsan, dan S. Rizal, “MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF,” J. Didakt. Mat., vol. 1, no. 2, Sep 2014.
[5] R. Ramadhani, “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Melalui Guided Discovery Learning Berbantuan Autograph,” J. Penelit. Dan Pembelajaran Mat., vol. 10, no. 2, 2017.
[6] K. Kamid, E. Anggereini, dan M. Muhtadin, “PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA,” AKSIOMA J. Program Studi Pendidik. Mat., vol. 7, no. 2, hlm. 192, Sep 2018.
[7] M. Mujib, “Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Metode Pembelajaran Improve,” Al-Jabar J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 2, hlm. 167–180, Des 2016.
[8] H. Hanif, I. Ibrohim, dan F. Rohman, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Materi Plantae Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Nilai Islam Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sma,” J. Pendidik. Teori Penelit. Dan Pengemb., vol. 1, no. 11, hlm. 2163–2171, 2016.
[9] P. Sari, “Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI,” J. Gantang, vol. 2, no. 1, hlm. 41–50, 2017.
[10] E. Yuliasari, “Eksperimentasi model PBL dan model GDL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemandirian belajar,” JIPM J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, hlm. 1–10, 2017.
[11] N. Nursida, “Perbandingan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Topical Review dan Tipe Jeopardy Review terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 16 Makassar,” diploma, Universitas Islam Negeri Makassar, 2017.
[12] E. Felda, mukhni, dan khairudin, “PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE JEOPARDY REVIEW DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 KERINCI TAHUN PELAJARAN 2013/2014,” Abstr. Undergrad. Fac. Educ. Bung Hatta Univ., vol. 4, no. 1, Agu 2014.
[13] A. Elisa dan W. Syafmen, “Studi Perbandingan Penggunaan Strategi Belajar Aktif Tipe Joepardy Review dan Who Wants To Be A Millionaire Pada Pembelajaran Matematika,” EDUMATICA J. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 02, 2013.
[14] A. Maedani, “PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI BELAJAR AKTIF HOLLYWOOD SQUARES DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN PENGUKURAN LISTRIK DI SMK NEGERI 5 PADANG,” Pendidik. Tek. Elektro, vol. 2, no. 1, Apr 2014.
Published
2020-04-30
How to Cite
Indriani, R., Syafe’i, I., & Andriani, S. (2020). PERBANDINGAN STRATEGI BELAJAR AKTIF TIPE JOEPARDY REVIEV DENGAN TIPE HOLLYWOOD SQUARES REVIEW DENGAN PENDEKATAN VISUAL THINKING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 11-18. https://doi.org/https://doi.org/10.32665/james.v3i1.93