PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTER TERHADAP LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

  • Ani Sopiani Martinah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Okta Hari Kharisma Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Sri Purwanti Nasution Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Agus Pahrudin Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Keywords: Model pembelajaran MASTER, Literasi matematis, Gender, MASTER learning model, Mathematical literacy

Abstract

This study aims to determine the effect of MASTER learning models (Motivating, Acquiring, Searching, Triggering, Exhibiting, and Reflecting) on ​​mathematical literacy in terms of gender differences. The method used in this study is Quasy Experimental Design. A random sampling technique took a sample of 60 students. Data collection is carried out with written tests and documentation. The method uses an analysis of variance (ANOVA). Hypothesis testing uses two different path tests of variance analysis in cells. The results showed that there were mixed effects of each learning model on students' mathematical literacy abilities. There was no influence between female and male gender on students' mathematical literacy abilities. There was no interaction between learning models and gender differences in students' mathematical literacy abilities. The teacher must strive to improve the mathematical literacy skills of middle school students so that students are more motivated to learn.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MASTER (Motivating, Acquiring, Searching, Triggering, Exhibiting, and Reflecting)terhadap literasi matematis ditinjau dari perbedaan gender. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experimental Design. Sampel sebanyak 60 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes tertulis dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi (ANOVA). Uji hipotesis menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukanterdapat pengaruh yang berbeda antara masing-masing model pembelajaran terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Tidak terdapat pengaruh antara gender perempuan dan laki-laki terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan perbedaan gender terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik SMP, pendidik harus berupaya agar peserta didik lebih termotivasi untuk belajar.

References

[1] Santoso, N., St. B. Waluya, dan S. Yarno, Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Matematika Dengan Strategi MASTER dan Penerapan Scaffolding, UNNES Journal of Mathematics Education Research, Universitas Negeri Semarang, (2013) 70.
[2] Rose, C. dan M. J. Nicholl, Accelerated Learning For The 21st Century Cara Belajar Cepat Abad XXI. Bandung: Nuansa, (2009).
[3] Khoirudin, A., R. D. Setyawati, dan F. Nursyahida, Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan soal Berbentuk PISA, Aksioma Universitas PGRI Semarang, (2017) p. 34
[4] Fitriyah, I. dan I. Setianingsih, Metakognisi Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Matematika dan Gender, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, UNESA, vol. 3 no.3 (2014) p.122
[5] Azizah S., Buku Saku Konstektualisasi Gender Islam dan Budaya. Makasar: UIN ALAUDDIN, (2016).
[6] Abidin, Y., T. Mulyani, dan H. Yunansah, Pembelajaran Literasi. Bandung: Bumi Aksara, (2017).
[7] Sugiyono, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, (2013).
[8] Martono, N., Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, Jakarta : PT RAJAGRAFINDO PERSADA, (2010).
[9] Maolani, A. dan Rukaesih, Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, (2016)
[10] Budiyono, Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS, (2009).
Published
2019-10-31
How to Cite
Martinah, A., Kharisma, O., Nasution, S., & Pahrudin, A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTER TERHADAP LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. Journal of Mathematics Education and Science, 2(2), 75-81. https://doi.org/https://doi.org/10.32665/james.v2i2.94