PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER (AO) BERBATUAN MODUL DESAIN DIDAKTIS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

  • Clara Octaviany Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Rizki Wahyu Yunian Putra Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Istihana Istihana Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Keywords: Advanced Learning Model Organizer (AO), Didactic Design Module, Understanding of Mathematical Concepts, Model Pembelajaran Advance Organizer (AO), Modul Desain Didaktis, Pemahaman Konsep Matematis

Abstract

This research aims to determine the effect of the Advance Organizer learning model towards understanding the assisted mathematical concepts of didactic design modules in straight line equations of grade VIII SMP. The type of this research is a quasi-experimental design with "respondent's pretest-posttest control design," the population in this research were all eighth-grade students of SMP N 7 Kotabumi. The sampling technique used random classes where VIII H as experimental class I, class VIII A as experimental class II, and class VIII E as the control class. The test instrument used was a description test. Based on the results of data processing using the ANAVA test, N-Gain data was obtained, , it means  was rejected. It means that there was an influence of the Advanced Organizer learning model assisted with didactic design modules to increase understanding of mathematical concepts of students. The test continued with the Scheffe' analysis with acceptance , as well as denials  and. Based on the results of the trial, it concluded that the Advanced Organizer learning model with didactic design modules is better than conventional learning models. However, the Advance Organizer learning model with instructional design modules is as good as the Advanced Organizer learning model.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Advance Organizer terhadap pemahaman konsep matematis berbantuan modul desain didaktis persamaan garis lurus SMP kelas VIII. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan desain “pretest-posttest control design respondenpopulasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Kotabumi, acak kelas merupakan teknik pengambilan sampel dimana VIII H sebagai kelas eksperimen I, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen II, dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Instrumen tes menggunakan tes uraian. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan uji Anava data N-Gain diperoleh, berarti H0 ditolak artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Advance Organizer berbantuan modul desain didaktis terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik. Pengujian dilanjutkan dengan uji Scheffe’ dengan penerimaan serta penolakan  dan . Berdasarkan hasil pengujian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Advance Organizer berbatuan modul desain didaktis lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, namun model pembelajaran Advance Organizer berbantuan modul desain didaktis sama baiknya dengan model pembelajaran Advance Organizer.

References

[1] Uno, B. Hamzah, dan N. Lamatenggo, “Landasan Pendidikan”, Jakarta: Bumi Aksara, (2016).
[2] Sardiman, “Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar”, Jakarta: Rajawali Pers, (2016).
[3] Murizal, A., Pemahaman Konsep Matematis Dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, vol.1 no.1, (2012).
[4] Sanjaya, W., "Strategi Pembelajaran Berotientasi Standar Proses Pendidikan", Jakarta: Kencana Prenada Media Group, (2008).
[5] Joyce, Bruce, M. Weil, dan E. Calhoun. “Model’s Teaching Model-Model Pembelajaran”. Jakarta: Pustaka Belajar, (2009).
[6] Rahayu, S., Pengembangan Model Pembelajaran Advance Organizer Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Koloid, Journal of Innovative Science Education, vol. 1 no. 1 (2012).
[7] Hasan, R., dan M. B. Harahap., Efek Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Peta Konsep Dan Aktivitas Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa, Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika, vol.4 no. 2, (2012).
[8] Aisah, L. S., “Desain Didaktis Konsep Luas Permukaan Dan Volume Prisma Dalam Pembelajaran Matematika SMP”, Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia, (2012).
[9] Hanafi, “Desain Didaktis Pembelajaran Matematika Untuk Mengatasi Hambatan Epistimologis Pada Konsep Limit Fungsi Aljabar”, PhD Thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya, (2015).
Published
2019-10-31
How to Cite
Octaviany, C., Putra, R., & Istihana, I. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER (AO) BERBATUAN MODUL DESAIN DIDAKTIS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Journal of Mathematics Education and Science, 2(2), 89-95. https://doi.org/https://doi.org/10.32665/james.v2i2.99