PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL PEMBELAJARAN WIRAUSAHA BERBASIS TEKNOLOGI (TECHNOPRENEURSHIP) DI UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI BOJONEGORO
Abstract View: 378, PDF Download: 340Keywords:
Modul pembelajaran, technopreneur, UNUGIRI BojonegoroAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman mahasiswa dalam wirausaha dan mengembangkan model pembelajaran wirausaha berbasis technopreneurship. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskreptif dan kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan observasi dan identifikasi ketika pembelajaran kewirausahaan dan technopreneur di 10 prodi Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojoneogoro. Selain itu data juga diperoleh berdasarkan dokumentasi dan angket mahasiswa sejumlah 100 orang. Berdasarkan hasil penelitian bahwa mahasiswa menyadari bahwa memahami, mempelajari dan menganalisis perkembangan wirausahaan dan technopreneur bukan hanya untuk kepentingan akademis tetapi juga dapat digunakan dalam menciptakan lapangan kerja baru di masyarakat. Hasil belajar mahasiswa terkait mata kuliah kewirausahaan dan technopreneur menunjukan hasil yang baik berdasarkan hasil presentasi perbandingan hasil nilai A, B, dan C masing-masing 48%, 42%, dan 10%. Hasil belajar mahasiswa akan lebih efektif dan efisien maka dalam hal ini diperlukan media pembelajaran yang tepat sehingga mahasiswa bisa belajar secara mandiri yaitu modul. Modul memudahkan mahasiswa dalam mendalami materi dan memahami realita dalam pembelajaran.