ANALISIS KEKERASAN DAN CACAT PENGELASAN TERHADAP VARIASI ARUS DAN KECEPATAN PENGELASAN TUNGSTEN INERT PADA MATERIAL BAJA SS 400

Abstract View: 5, pdf Download: 7

Authors

  • Abdul Kamet Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Agus Sulistiawan Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Aprillia Dwi Ardianti Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

Keywords:

Variasi Arus, Kecepatan, Uji Cacat, Uji Kekerasan, Pengelasan TIG

Abstract

 

Perkembangan industri permesinan, pertambangan dan pengelasan Perkembangan Kabupaten Bojonegoro tidak terlepas dari kontribusi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diterapkan dalam setiap proses industri saat ini. Penelitian ini menggunakan pengelasan TIG dengan material baja SS 400 dengan cara penyambungan menggunakan proses pengelasan TIG pada material Baja SS 400. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas arus pengelasan dan kecepatan pengelasan 65, 70 dan 75 amp terhadap cacat dan kekerasan las TIG pada material baja SS 400. Penelitian ini merupakan experiment dengan dimensi 100 mm x 50 mm x 3 mm dimana  pengelasan dilakukan dengan variasi arus pengelasan 65 ampere, 70 ampere, 75 ampere dan kecepatan pengelasan 1,2 mm/s, 1,8 mm/s. dengan pengelasan   arus 75 amphere dan kecepatan pengelasan 1,8 mm/s yaitu sebesar 65,11 HRB, pada daerah HAZ bahwa nilai kekerasan tertinggi terdapat adalah pada variasi parameter pengelasan dengan kuat arus 75 amphere dan kecepatan pengelasan 1,8 mm/s yaitu sebesar 60,96 HRB, pada daerah weld metal bahwa nilai kekerasan tertinggi adalah pengelasan dengan kuat arus 75 amphere dan kecepatan pengelasan 1,8 mm/s yaitu sebesar 58,63 HRB.

References

Baskoro, A. S. And Munandar, U. (2016) ‘Analisis Pengaruh Arus Listrik Dan Kecepatan Pengelasan Terhadap Deformasi Baja Ss400 Menggunakan Las Tungsten Inert Gas ( Tig )’, (Snttm Xv), Pp. 5–6.

Material, P., Karbon, B. And Astm, A. (2013) ‘Urutan Proses Penelitian Ini Dapat Dilihat Pada Gambar 1 Penelitian Ini Menggunakan Material Baja Astm A36 Mesin Las Gmaw Dengan Variasi Pengaturan Kuat Arus 90a , 110a Dan 130a . Setelah Proses Pengelasan Selesai Dilanjutkan Proses Pembuatan Spesimen Uji Mikro , Makro , Kekerasan Dan Uji Tarik Di Standarkan Sesuai Astm A370 Seperti Yang Terlihat Di Gambar 2 Dan’, Pp. 36–42.

Permadi, R. F. (2018) ‘Analisis Pengaruh Temperatur Dan Media Pendingin Pada Proses Hardening Material Aisi Terhadap Kekerasan Dan Struktur Mikro Untuk Hammer Crusher Pt . Semen Indonesia Analisis Pengaruh Temperatur Dan Media Pendingin Pada Proses Hardening Material Hammer Crusher Pt . Semen Indonesia

Downloads

Published

2024-02-26
Abstract View: 5, pdf Download: 7