ANALISIS KEKASARAN PERMUKAAN TERHADAP KECEPATAN SPINDEL DAN KEDALAMAN PEMOTONGAN PADA PROSES DOWN MILLING BAJA ST 42

Abstract View: 7, pdf Download: 9

Authors

  • Abdul Kohar Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Togik Hidayat Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Aprillia Dwi Ardianti Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

Keywords:

Kecepatan Spindel, Kedalaman Pemotongan, Kecepatan Potong, Kekasaran Permukaan, Down Milling

Abstract

Proses milling pada material baja ST 42 terutama pada down milling untuk pembuatan alat- alat perkakas dituntut menghasilkan produk yang baik dalam hal ini dilihat dari kualitas hasil milling berupa kekasaran permukaan hasil pekerjaan dengan milling. Tingkat kekasaran suatu permukaan benda memanglah memiliki peranan yang sangat penting dalam perencanaan suatu komponen mesin khususnya perencanaan yang berkaitan dengan masalah gesekan pelumasan, keausan dan tahanan terhadap kelelahan material. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kecepatan spindle, kedalaman pemotongan dan kecepatan potong terhadap kekasaran permukaan pada proses down milling baja ST 42. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian experiment  dengan variasi pada parameter pekerjaan down milling. Hasil pengujian kekasaran permukaan menunjukan nilai kekasaran/ roughness average variasi pengerjaan down milling baja ST 42 berdasarkan putaran spindelnya menunjukan hasil paling baik adalah pada specimen dengan parameter pengerjaan kecepatan spindel 240 rpm dengan nilai kekasaran rata - rata 1.73 μm. Hasil pengujian kekasaran permukaan menunjukan nilai kekasaran/ roughness average variasi pengerjaan down milling baja ST 42 berdasarkan kedalaman pemotongan menunjukan hasil paling baik adalah pada specimen dengan parameter pengerjaan kedalaman pemotongan 4 mm dan putaran spindle 240 rpm dengan nilai kekasaran rata - rata adalah 1.29 μm. Nilai kekasaran/ roughness average variasi pengerjaan down milling baja ST 42 berdasarkan kecepatan pemotongan menunjukan hasil paling baik adalah pada specimen dengan parameter pengerjaan kecepatan potong 26 mm/menit dan putaran spindle 240 rpm dengan nilai kekasaran rata - rata 1.30 μm

References

Hendrawan, M. A. (2017) ‘Studi Pengaruh Parameter Pemotongan Terhadap Kekasaran Permukaan Pada Proses Up Dan Down Milling Dengan Pendekatan Vertical Milling’, Media Mesin: Majalah Teknik Mesin, 11(1). Doi: 10.23917/Mesin.V11i1.3194.

Prakoso, I. (2017) ‘Analisa Pengaruh Kecepatan Feeding Terhadap Kekasaran Permukaan Draw Bar Mesin Milling Aciera Dengan Proses Cnc Turning’, Jurnal Teknik Mesin, 3(3). Doi: 10.22441/Jtm.V3i3.1022.

Downloads

Published

2024-02-27
Abstract View: 7, pdf Download: 9