INOVASI PENGGERAK MESIN PENGHANCUR KOTORAN KAMBING MENGGUNAKAN MOTOR LISTRIK 2020V

Abstract View: 17, pdf Download: 16

Authors

  • Anang Wahyu Nur Rochman Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Galih Muji T Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Rizka Nur Faila Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

Keywords:

Mesin penghancur, Kotoran Kambing, Hammer Blade, Pulley, Kapasitas mesin

Abstract

Kotoran kambing merupakan limbah organik yang berasal dari sisa hasil proses pencernaan makanan kambing, kotoran kambing ini berbeda dengan kotoran sapi atau hewan lainya, kotoran kambing memiliki tekstur yang keras sehingga jika di manfaatkan sebagai pupuk tanaman dengan cara pemanfaatnya ditaburkan secara langsung, hasilnya kurang efektif serta membutuhkan waktu yang lama agar pupuk kandang tersebut bisa terurai. Rancang bangun merupakan kegiatan menerjemahkan hasil analisa ke dalam bentuk paket perangkat lunak kemudian menciptakan sistem tersebut atau memperbaiki sistem yang sudah ada. Alat penghancur ini sendiri merupakan perkembangan alat pertanian yang tidak lepas dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tsalah satunya dalam bidang teknik. Teknologi ilmu pengetahuan dalam bidang teknik dalam perancangan alat penghancur kotoran kambing meliputi teknologi pengolahan, alat penunjang dan penggunaan bahan untuk penunjang dalam bidang pertanian. Perhitungan kapasitas mesin penghancur kotoran kambing menggunakan motor listrik 220V dalam 3 kali percobaan penggilingan dengan acuan waktu, Hasil dari perhitungan kapasitas alat penghancur kotoran diperoleh 0,98 Kg/menit kemudian di konversikan dari satuan menit ke jam adalah 58,8 Kg/jam.

 

References

Balaram Naik, P Karunakar,1 M Jayadev, 1 And V Rahul Marshal2. 2013. “Quo Vadis Peraturan Perundang- Undangan Di Bidang Pertanian: Tercapainya Kedaulatan Pangan Sebagai Negara Agraris.” J Conserv Dent. 2013 16(4): 2013.

Https://Pubmed.Ncbi.Nlm.Nih.Gov/23956527/

Dimas Tri Rizky Nugraha, Havid Badarrudin.

Rancang Bangun Mesin Penggiling Kotoran Kambing.

Dimas Tri Rizky Nugraha, Havid Badarrudin. 2017. Rancang Bangun Mesin Penggiling Kotoran Kambing.

Prayogi, Pebry Satriya. 2016. “Perhitungan Transmisi Pada Mesin Hammer Mill Sebagai Penghancur Udang Rebon.”

Ramadhan, Ilman Fathur, And Christian Hadinata Samosir. 2021. Rancang Bangun Mesin Penghancur Kotoran Ternak Dengan Sistem Mata Potong Menyilang Proyek Akhir

Risky Sunge, Romi Djafar, Evi Sunarti Antu.2019. “Rancang Bangun Dan Pengujian Alat Pencacah Kompos Dengan Sudut Mata Pisau 45o.”

Saputra, Alfian Ady. 2022. “Perancangan Mesin Pencacah Kotoran Kambing Kapasitas 1 Ton / Jam.”(November 2022): 1–7.

Surya, Awang Et Al. 2019. “Rancang Bangun Alat Penghancur Sampah Organik Skalarumah Tangga.” Journal Of Mechanical Enggineering, Manufactures, Materials And Energy) 3(02). Http://Ojs.Uma.Ac.Id/Index.Php/Jmemme.

Tiopan, Demson & Kevin Alim Rabbani. 2022. “Quo Vadis Peraturan Perundang Undangan Di Bidang Pertanian: Tercapainya Kedaulatan Pangan Sebagai Negara Agraris.” E-Journa Komunikasi Yustisia Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Ilmu Hukum 5: 443–53.

Wijaksono, Rino Anggi Et Al. 2016. “Pengaruh Lama Fermentasi Pada Kualitas Pupuk Kandang Kambing (Effect Of Fermentation Duration On Goat Manure Quality).” Jurnal Agro Industri Perkebunan Jurnal Aip 4(2): 88–96.

Downloads

Published

2024-02-28
Abstract View: 17, pdf Download: 16