Application Of Instructional Audio Rhythmic Activity Against Anxiety Levels and Intrinsic Motivation Blind Students

Abstract View: 97, PDF Download: 145

Authors

  • Nurman Ramadhan Universitas Nahdaltul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Keywords:

audio instruksional aktivitas ritmik, tingkat kecemasan, motivasi intrinsik, siswa tunanetra

Abstract

Audio instruksional Aktivitas ritmik merupakan suatu kegiatan yang mengkolaborasikan antara musik yang bernarasi dengan gerak. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan audio instruksional aktivitas ritmik terhadap tingkat kecemasan dan motivasi intrinsik siswa tunanetra yang diselenggarakan di 3 SDLB (Sekolah Dasar Luar Biasa) Kabupaten Jombang pada tahun 2015.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sekolah yang menjadi subyek penelitian adalah SDLB yang berada di Kabupaten Jombang diantaranya: SDLBN Jombatan VII, SDLB Negeri Balongsari Megaluh dan SDLB Muhammadiyah. Setiap SDLB memiliki 1 siswa tunanetra yang memenuhi syarat untuk dijadikan Subyek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model interaktif Milles & Huberman.

Hasil penelitian menunjukan bahwa saat melakukan aktivitas ritmik motivasi intrinsik subyek penelitian meningkat maka tingkat kecemasan subyek penelitian menurun. Kendala umum yang dihadapi yaitu subyek yang masih berusia 6-9 tahun masih terbawa suasana pada saat melakukan wawancara.

Sesuai dengan hasil temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan audio instruksional aktivitas ritmik terhadap tingkat kecemasan dan motivasi intrinsik siswa tunanetra seimbang. Hal ini dicermati bahwa penurunan tingkat kecemasan  dan peningakatan motivasi harus dilakukan secara bersamaan untuk mencapai kemampuan yang optimal. Yaitu keseimbangan antara beratnya tantangan dengan kemampuan yang dimiliki oleh orang tersebut.

 

kata kunci: audio instruksional aktivitas ritmik, tingkat kecemasan, motivasi intrinsik, siswa tunanetra

Downloads

Published

02-07-2018

How to Cite

Ramadhan, N. (2018). Application Of Instructional Audio Rhythmic Activity Against Anxiety Levels and Intrinsic Motivation Blind Students. JAPRI : Jurnal Penjas Dan Farmasi, 1(1), 38–48. Retrieved from https://journal.unugiri.ac.id/index.php/JAPRI/article/view/100
Abstract View: 97, PDF Download: 145