POLA AKTIVITAS OLAHRAGA LANJUT USIA DI KOTA BANDUNG (Studi deskriptif tentang pola aktivitas olahraga yang dilakukan oleh lanjut usia )

Abstract View: 219, PDF Download: 236

Authors

  • Seni Oktriani Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Anang Setiawan Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Keywords:

Pola Aktivitas Olahraga, Orang Lanjut Usia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola aktivitas olahraga yang dilakukan oleh lanjut usia di Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik survey analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah orang-orang lanjut usia yang melakukan aktivitas olahraga di Taman Sukajadi, Taman Lansia Cisangkuy, Lapangan Padjajaran, Sabuga dan Tegal Lega. Sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu orang-orang lanjut usia yang melakukan aktivitas olahraga di Taman Sukajadi, Taman Lansia Cisangkuy, Padjajaran, Sabuga dan Tegal Lega sebanyak 50 orang, dimasing-masing tempat diambil 5 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan teknik prosentase. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa pola aktivitas olahraga yang dilakukan oleh orang-orang lanjut usia di Taman Sukajadi, Taman Lansia, Lapangan Padjajaran, Sabuga dan Tegal Lega cenderung sama, yaitu melakukan senam, jogging, jalan santai, jalan cepat dan berjalan di atas batu refleksi. Tetapi di Lapangan Padjajaran dan Tegal Lega orang lanjut usia disamping melakukan 5 aktivitas tersebut mereka juga melakukan olahraga senam tai chi dan senam jantung.

 

Downloads

Published

02-07-2018

How to Cite

Oktriani, S., & Setiawan, A. (2018). POLA AKTIVITAS OLAHRAGA LANJUT USIA DI KOTA BANDUNG (Studi deskriptif tentang pola aktivitas olahraga yang dilakukan oleh lanjut usia ). JAPRI : Jurnal Penjas Dan Farmasi, 1(1), 15–20. Retrieved from https://journal.unugiri.ac.id/index.php/JAPRI/article/view/88
Abstract View: 219, PDF Download: 236