MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PAKEM MENGGUNAKAN APLIKASI SOLITE KIDS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Abstract View: 69, PDF Download: 188

Authors

  • Moh. Yusuf Efendi Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Fahru Rozi Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

Keywords:

PTK (Penelitian Tindakan Kelas), Solite Kids, Pakem

Abstract

Dalam menyambut era milenial 4.0, dunia pendidikan memerlukan adanya pembaruaan metode pembelajaran yang dilengkapi media pembelajaran yang sesuai dengan keperluan dalam pembelajaran. hal tersebut merupakan upaya penyesuaian untuk mengimbangi kemajuan teknologi, sehingga akan berdampak positif bagi dunia pendidikan khususnya. Media pembelajaran berbasis android seperti “Solite Kids” merupakan salah satu aplikasi pembelajaran yang berbentuk game, dalam aplikasi solite Kids terdapat berbagai fitur. Salah satuunya adalah SECIL (serial belajar si kecil). Penelitian ini tergolong dalam Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan pelaksanaannya dimulai dari perencanaan (planning) pelaksanaan tindakan (acting) dengan pengamatan (observing) dan Refleksi (Reflecting) yang dijadikan satu kesatuan, dalam penelitian ini dilakukan 3 siklus. Adapun temuan awal 1) Siswa terlihat hyper aktif didalam kelas, 2) Siswa cenderung menganggap Bahasa Arab merupakan pelajaran yang Sulit dan membosankan, 3) Bahasa Arab dianggap sebagai mata pelajaran yang tidak penting, 4) kemapuan Bahasa Arab masih jauh dari rata – rata (jauh dari standart KKM). Kegiatan siklus pertama yang dilaksanakan bersama 22 siswa, dapat disimpulkan bahwa tidak ada satupun siswa yang bisa menulis deskriptif teks. Setelah dilakukan kegiatan selama 3 siklus, maka berdasarkan hasil tes dan refleksi dari siklus 1, 2 dan 3 dengan menerapkan metode pembelajaran Pakem menggunakan aplikasi “Solite Kids” dapat memningkatkan minat belajar peserta didik sehingga peserta didik mampu mendiskripsikan benda yang dilihat kedalam Bahasa Arab baik secara lisan maupun tulisan.

References

Abd Wahab Rosyidi & Mamlu’atul Ni’mah ‘Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab’, in Journal of Chemical Information and Modeling. malang, p. 4. (2011)

Arsyad, M. H., ‘Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa’, Shaut al Arabiyyah, 7(1), p. 13. doi: 10.24252/saa.v1i1.8269. tahun (2019)

Djajadi, M., Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Available at: https://www.researchgate.net/publication/340412200_PENELITIAN_TINDAKAN_KELAS_CLASSROOM_ACTION_RESEARCH. tahun (2019)

Mu’alimin PENELITIAN TINDAKAN KELAS TEORI DAN PRAKTIK. yogyakarta: ganding pustaka. tahun (2014)

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Efendi, M. Y., & Rozi, F. (2023). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PAKEM MENGGUNAKAN APLIKASI SOLITE KIDS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. JEC (Journal of Education and Counseling), 3(1), 63–75. Retrieved from https://journal.unugiri.ac.id/index.php/JEC/article/view/1577
Abstract View: 69, PDF Download: 188