MELALUI KEGIATAN WRITING DAILY ACTIVITIES UPAYA UNTUK PENGUASAAN SIMPLE PRESENT TENSE PADA MAHASISWA

Abstract View: 149, PDF Download: 433

Authors

  • Moh Zainuddin Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Khoirul Wafa

Keywords:

Writing Daily Activities, Penguasaan Simple Present Tense, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan penguasaan Simple Present
Tense melalui kegiatan writing daily activities pada mahasiswa TI Universitas
NU Sunan Giri Bojonegoro.
Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiwa TI Universitas NU Sunan Giri
Bojonegoro. Subjek dari penelitian ini adalah berjumlah 48 mahasiswa,
alasan penelitian ini dilakukan di kelas tersebut karena sebagian besar
mahasiswanya kurang menguasai Simple Present Tense.
Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 siklus yang didasarkan
dari identifikasi masalah yang dihadapi oleh guru, penyusunan rencana
tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi. Rangkaian
kegiatan mulai dari perencanaan tindakan sampai dengan refleksi disebut satu
siklus penelitian. Jika dalam sebuah siklus ditemukan suatu masalah yang
menghambat tercapainya tujuan Penelitian Tindakan Kelas, maka peneliti harus
mengidentifikasi, menganalisis, dan merumuskan masalah tersebut, Kemudian
peneliti dapat melakukan penelitian lebih lanjut pada siklus berikutnya. Jika
dalam refleksi pada siklus tertentu tidak ditemukan kendala dan tujuan
Penelitian Tindakan Kelas telah tercapai, maka penelitian dapat dihentikan.

References

Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas Untuk: Guru. Bandung: CV. Yrama

Widya.

Azar, Betty Schrampfer. 1941. Fundamentals of English Grammar Second Edition.

New Jersey: Regents/Prentice Hall.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi

Kedua. 1996. Jakarta: Balai Pustaka

Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta:

PT RajaGrafindo Persada.

Ismail, Achmad Isa. 2000.”Kemampuan Membentuk Kata Benda Jamak dalam

Bahasa Inggris Siswa Kelas IIAK-1 dan Kelas IISK-1 SMK Pawiyatan

Surabaya”. Skripsi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Jami’an. 2009. “Peningkatan kemampuan Menulis Teks Deskriptif Bahasa Inggris

Melalui Penilaian Portofolio Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Masalikil

Huda Jepara Tahun Ajaran 2008/2009”. Skripsi, Universitas Veteran Bangun

nusantara Sukoharjo.

Kartikasari, Laili. 2008. “Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi dengan

Media VCD Berita Televisi pada Siswa Kelas X Penjualan 1 SMK Batik 2

Surakarta”. Skripsi, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kasbollah, Kasihani. 2001. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang: Penerbit

Universitas Negeri Malang.

Keraf, Gorys. 1982. Fungsi Bahasa. Ende Flores: Nusa Indah

Kurikulum 2004. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP/MTs.

Jakarta: Puskur, Balitbang, Depdiknas.

Masdin. 2009. Simple Present Tense, (online), (http://englishonline.blogdetik.com

diakses 22 Juli 2010)

Sukardi, dan Anton Sukarno. 2000. Dasar-Dasar Penilaian Pendidikan. Surakarta:

CV. Massa Baru.

Surayin. 1999. Perfect English Grammar. Bandung: CV. Yrama Widya.

Downloads

Published

2021-06-12

How to Cite

Zainuddin, M., & Wafa, K. . (2021). MELALUI KEGIATAN WRITING DAILY ACTIVITIES UPAYA UNTUK PENGUASAAN SIMPLE PRESENT TENSE PADA MAHASISWA. JEC (Journal of Education and Counseling), 3(1), 7–21. Retrieved from https://journal.unugiri.ac.id/index.php/JEC/article/view/318
Abstract View: 149, PDF Download: 433