PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN TEKNIK AVERSI UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA SMP
PDF Download: 83
DOI:
https://doi.org/10.32665/jec.v3i2.355Keywords:
panduan pengembangan, tanggung jawab belajar, teknik aversiAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menghasilkan panduan bagi konselor sebagai sarana dalam pemberian layanan bimbingan konseling yakni meningkatkan tanggung jawab belajar siswa SMP melalui teknik aversi sesuai standard sangat berguna, sangat layak, sangat tepat, dan sangat patut. Langkah pengembangannya adalah (1) penelitian awal dan pengumpulan data awal, (2) perencanaan, (3) mengembangkan produk, (4) uji coba produk awal, (5) perbaikan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan panduan pelatihan teknik aversi untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa SMP sudah memadai dan patut digunakan dalam layanan bimbingan tanggung jawab belajar.
References
Arjanggi, R., & Suprihatin, T. 2011. Metode Pembelajaran tutor teman sebaya Meningkatkan hasil belajar berdasarkan regulasi-diri Vol. 14, No.2 Semarang : Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Borg, W.D & Gall, M.D 1983. Dalam Sugiyono 2017, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : PT Alfabeta.
Latipun 2015, Psikologi Konseling , Malang : Universitas Negri Malang.
Mustari 2011, dalam Skripsi Catur Hana S,. Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab dan Prestasi Belajar IPA Pada Materi Pesawat Sederhana Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Di SDN 3 Banjarparakan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
W.H Burton 1988 dalam Nara Hartini 2014. Teori belajar dan pembelajaran, Bogor : Ghalia Indosesia.
https://bkpemula.com/2012/05/30/ketentuan-pemerintah-tentang-bimbingan-dan-konseling/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
PDF Download: 83