https://journal.unugiri.ac.id/index.php/JaMES/issue/feed Journal of Mathematics Education and Science 2022-05-07T00:00:00+07:00 M. Ivan Ariful Fathoni fathoni@unugiri.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">Journal of Mathematics Education and Science (JaMES) is a mathematical journal published biannually (April and October) by the Mathematics Educations Department, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro. Journal includes research papers, literature studies, analysis, and problem-solving in Mathematics Education, Mathematical Sciences (Algebra, Analysis, Statistics, Computing and Applied), or Ethnomathematics.</p> <p style="text-align: justify;">Editors invite lecturers, experts, and practitioners of education to contribute to this journal. The editorial team invites lecturers, experts, and education practitioners to submit scientific articles that other journals have never published. This journal can be accessed openly, which means that all the content available is freely accessible at no cost, either to the user or to the institution. Users who are permitted to read, download, copy, distribute, print, search, or cite the full text of the articles do not have first to seek permission from the publisher or author.<br /><strong><span class="label">DOI: </span><span class="value"><a title="JaMES" href="https://doi.org/10.32665/james" target="_blank" rel="noopener">https://doi.org/10.32665/james</a></span><br /></strong></p> https://journal.unugiri.ac.id/index.php/JaMES/article/view/301 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (Ioc) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Mathla’ul Anwar Panjang 2022-01-25T08:43:43+07:00 Dewi Robbi Anti dewirobbianti@gmail.com Siska Andriani mathicmath@yahoo.co.id Haris Budiman harisbudiman@radenintan.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe <em>Inside Outside Circle (IOC)</em> terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Mathla’ul Anwar Panjang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen, menggunakan metode<em> quasy experimental design </em>dengan penelitian factorial 2 x 3<em>. </em>Sampel yang digunakan sebanyak 34 peserta didik yang diambil dengan teknik acak kelas. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep siswa dan angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji <em>liliefors</em> dan uji homogenitas dengan uji <em>barlett</em>. Uji hipotesis menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji analisi variansi dua jalan sel tak sama diperoleh ditolak dan ditolak dan diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe <em>IOC </em>terhadap kemampuan pemahaman konsep, (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe <em>Inside Outside Circle (IOC) </em>dengan motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep.</p> 2022-05-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Journal of Mathematics Education and Science