Sosialisasi Hidup Ramah Lingkungan dan Pelatihan Menanam dengan Metode Hidroponik Sederhana Pada Anak PAUD Desa Candali Bogor

Abstract View: 174, PDF Download: 140

Authors

  • Azka Salma Evandra Universitas Al Azhar Indonesia
  • Isna Ibnah Mudrikah Universitas Al Azhar Indonesia
  • Dinda Bunga Anugrah Universitas Al Azhar Indonesia
  • Ida Ayu Mas Amelia Kusumaningtyas Universitas Al Azhar Indonesia
  • Azzahra Putri Diandra Universitas Al Azhar Indonesia
  • Randilla Dewirani Universitas Al Azhar Indonesia
  • Iqbal Fattah Universitas Al Azhar Indonesia
  • Bagus Dwi Santoso Universitas Al Azhar Indonesia
  • Nunung Nurhasanah Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32665/jarcoms.v1i2.1303

Keywords:

Hidroponik, Hidup ramah lingkungan, Pelatihan, Sosialisasi, PAUD

Abstract

Desa Candali adalah salah satu desa binaan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al-Azhar. Desa ini memiliki banyak potensi dan kelebihan, namun terdapat permasalahan yang dimiliki, salah satunya adalah keunggulan sumber daya alam yang dimiliki tidak diikuti dengan keunggulan sumber daya manusia dalam hal pertanian yang berkelanjutan. Penanganan solusi yang diangkat adalah melakukan sosialisasi kepada generasi selanjutnya mengenai pentingnya menjaga lingkungan sekitar serta pelatihan menanam dengan metode hidroponik kepada peserta PAUD Desa Candali. Pemberian pengetahuan pada anak-anak diharapkan dapat melekat dan dipraktekkan secara terus-menerus. Anak-anak PAUD sangat antusias dalam mengikuti kegiatan sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Hasil dari kegiatan yang dilakukan memberikan peningkatan pengetahuan anak-anak PAUD mengenai bagaimana cara menanam dengan metode hidroponik sederhana serta bagaimana cara menjaga lingkungan agar tetap terjaga dan terhindar dari kerusakan. Hasil persentase keberhasilan untuk sosialisasi hidup ramah lingkungan sebesar 100%, sedangkan pelatihan menanam hidroponik sebesar 90%. Hal ini menunjukkan perlu adanya perbaikan kegiatan pelatihan menanam hidroponik dengan menambahkan jangka waktu pelatihan agar pemahaman dan penerapan kegiatan ini tersampaikan dengan lebih baik.

References

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.30595/DINAMIKA.V8I1.943

Aulia, D., & Nurhasanah, N. (2022). Sosialisasi Program Pemberdayaan Desa Sebagai Upaya Menambah Kesadaran Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Mandiri. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 4(3), 116–121. https://doi.org/10.36722/JPM.V4I3.1058

Azizah, Z. F., Karyanto, P., Prayitno, B. A., & Sapartini, R. R. (2017). Penguatan Kesiapan Berperilaku Ramah Lingkungan Siswa SMA melalui Pengembangan Pedagogi Spesifik Berbasis PjBL pada Mata Pelajaran Ekologi. Proceeding Biology Education Conference, 14.

Fidesrinur, F., Fitria, N., & Amelia, Z. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pemanfaatan dan Pembuatan Media Pembelajaran Kognitif pada Kegiatan Rutinitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 4(2), 75–79. https://doi.org/10.36722/JPM.V4I2.943

Izzuddin, A. (2016). Wirausaha Santri Berbasis Budidaya Tanaman Hidroponik. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 16(2). https://doi.org/10.21580/dms.2016.162.1097

Kristiawati, K., & Yunitasari, E. (2018). Pemberdayaan Paud Sebagai Upaya Peningkatan Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini. Buletin Udayana Mengabdi, 17(3). https://doi.org/10.24843/bum.2018.v17.i03.p09

Kuncoro, B., & Chusmeru, C. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pemgembangan Desa Wisata. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers ”Pengembangan, 45–56.

Kusumo, R. A. B., Charina, A., Sukayat, Y., & Mukti, G. W. (2017). Kajian Edukasi Ramah Lingkungan Dan Karakteristik Konsumen Serta Pengaruhnya Terhadap Sikap Dan Perilaku Ramah Lingkungan. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 10(3), 238–249. https://doi.org/10.24156/JIKK.2017.10.3.238

Lailani, N. F., Nadar, W., & Syaikhu, A. (2020). Penggunaan Media Hidroponik dalam Perkembangan Kecerdasan Naturalis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II.

Mahardika, D. R., & Hasanah, U. (2020). Pelatihan Teknik Hidroponik Sebagai Upaya Menjaga Ketahanan Pangan Rumah Tangga dan Peluang Usaha Di Era Covid-19. Prosiding Seminar Nasional, 1(1), 1–6.

Sugiarto, A., & Gabriella, D. A. (2020). Kesadaran Dan Perilaku Ramah Lingkungan Mahasiswa Di Kampus. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(2). https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v9i2.21061

Syardiansah, S. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1). https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915

Umar, A., Savitri, A., Pradani, Y., Mutohat, & Khamid, N. (2021). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat Di Tengah Pandemi COVID-19 (Studi Kasus IAIN Salatiga KKn 2021). E-Amal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Yulanda, N., Juniawaty, R., & Juriah, S. (2019). Penyuluhan Pengelolaan Bank Sampah dan Cara Bercocok Tanam Menggunakan Sistem Hidroponik Sederhana. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(03), 254. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i03.3405

Zainudin, A. (2016). MODEL KELEMBAGAAN PEMERINTAHAN DESA. JIP (Jurnal Ilmu Pemerintahan): Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 1(2). https://doi.org/10.24905/jip.1.2.2016.338-351

Downloads

Published

2022-12-21

How to Cite

Evandra, A. S., Mudrikah, I. I., Anugrah, D. B., Kusumaningtyas, I. A. M. A., Diandra, A. P., Dewirani, R., Fattah, I., Santoso, B. D., & Nurhasanah, N. (2022). Sosialisasi Hidup Ramah Lingkungan dan Pelatihan Menanam dengan Metode Hidroponik Sederhana Pada Anak PAUD Desa Candali Bogor. Journal of Research Applications in Community Service, 1(2), 51–58. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v1i2.1303
Abstract View: 174, PDF Download: 140