Meningkatkan Pendidikan dan Penghayatan Agama Islam di Bilik Pintar dalam Mewujudkan Indonesia Endemi
Abstract View: 1225, PDF Download: 159DOI:
https://doi.org/10.32665/jarcoms.v1i2.1304Keywords:
endemi, ilmu agama, kuliah kerja nyataAbstract
Bilik Pintar merupakan sebuah tempat yang menginspirasi karena meskipun mayoritas masyarakatnya adalah pemulung, mereka semangat untuk belajar. Salah satu keterbatasan di Bilik Pintar adalah kurangnya relawan pengajar khususnya yang berkaitan dengan ilmu agama Islam. Permasalahan tersebut dapat ditangani dengan pelaksanaan pembelajaran ilmu agama secara gratis dengan metode belajar sambil bermain untuk meningkatkan efektivitasnya. Kegitan ini diikuti 25 peserta dari perwakilan anak-anak Bilik Pintar usia 6-12 tahun. Secara khusus, kegiatan ini terdiri atas pembelajaran Bahasa Arab yang ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan kosa kata Bahasa Arab pada anak-anak. Hasil kegiatan ini ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan anak-anak dalam Bahasa Arab yang ditandai dengan kemampuan mereka dalam memperkenalkan diri menggunakan Baha Arab di akhir kegiatan. Di samping itu, kegiatan membaca Al-Qur’an dengan metode Iqra juga menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan, dan mampu meningkatkan kemampuan anak-anak dalam membaca Al-Qur’an dengan makharijul huruf dan tajwid yang baik. Selain itu, anak-anak juga dipaparkan informasi terkait kisah nabi, khususnya kisah nabi Yunus AS yang disampaikan melalui metode video (audio-visual). Selain disukai oleh anak-anak, metode ini juga dapat memudahkan anak-anak untuk memahami isi atau makna video tersebut. Selanjutnya, kegiatan ini dapat dikembangkan dengan mengintegrasikan berbagai ilmu selain ilmu agama sesuai dengan kebutuhan dari masyarakat.
References
Amaliah, S., & Prasetyo, T. (2021). Program Pondok Ceria Sarana Belajar Menyenangkan Anak-Anak Kampung Pancawati Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3614
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.30595/DINAMIKA.V8I1.943
Emani, F., Winoto, Y., & Kurniasih, N. (2014). Peranan Pengajar Di Rumah Pintar Dalam Menumbuhkan Minat Baca Pengguna. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 2(1). https://doi.org/10.24198/jkip.v2i1.11618
Fidesrinur, F., Fitria, N., & Amelia, Z. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pemanfaatan dan Pembuatan Media Pembelajaran Kognitif pada Kegiatan Rutinitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 4(2), 75–79. https://doi.org/10.36722/JPM.V4I2.943
Fitria, N., Azhar Indonesia, A., Sisingamangaraja, J., Masjid Agung Al Azhar, K., & Baru, K. (2020). Pemanfaatan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru Taman Kanak-Kanak Di Desa Cikidang, Sukabumi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 2(2), 57–67. https://doi.org/10.36722/JPM.V2I2.382
Imaddudin, I., & Fauziah, N. (2021). Menggali Potensi dan Kepercayaan Diri dalam Berkomunikasi Anak-anak di Bilik Pintar Kampung Penampungan Ghasong Jakarta. Jurnal Komitmen (Jurnal Pengabdian Masyarakat Fikom Ubhara Jaya), 1(2), 64–72. http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/komitmen/article/view/1092
Kadir, P. M., Herawati, I., & Rukhyana, B. (2022). Pengajaran 3 Bahasa (Inggris-Arab-Jepang) Di Madrasah Informal Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru. KAIBON ABHINAYA : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(1). https://doi.org/10.30656/ka.v4i1.3097
Kristiawati, K., & Yunitasari, E. (2018). Pemberdayaan Paud Sebagai Upaya Peningkatan Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini. Buletin Udayana Mengabdi, 17(3). https://doi.org/10.24843/bum.2018.v17.i03.p09
Lestari, N. G. A. M. Y. (2020). Penerapan Metode Mind Map Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni, 5(1).
Rahman, A., Marpaung, E. P., Lubis, H. F., Sinaga, M. N. F., & Nawawi, Z. M. (2021). Pengembangan Literasi Dasar dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Menulis pada Anak Usia Dini di Perumahan Indah Permai Desa Petatal. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2009
Sutardji. (2009). Karakteristik Demografi dan Sosial Ekonomi Pemulung. Jurnal Geografi, 6.
Syardiansah, S. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1). https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915
Umar, A., Savitri, A., Pradani, Y., Mutohat, & Khamid, N. (2021). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat Di Tengah Pandemi COVID-19 (Studi Kasus IAIN Salatiga KKn 2021). E-Amal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Visiaty, A., & Piantari, L. L. (2019). Program Inspirasi Belajar Bahasa Asing Bagi Remaja Dalam Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.36722/jpm.v1i2.337
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Research Applications in Community Service
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan