Meningkatkan Pendidikan dan Penghayatan Agama Islam di Bilik Pintar dalam Mewujudkan Indonesia Endemi

Abstract View: 1225, PDF Download: 159

Authors

  • Ajeng Anindya Maheswari Universitas Al Azhar Indonesia
  • Ma Zhilong Musa Universitas Al Azhar Indonesia
  • Revi Oktaviana Universitas Al Azhar Indonesia
  • Sha Haihong Muhammad Universitas Al Azhar Indonesia
  • Siti Fatimah Masnun Universitas Al Azhar Indonesia
  • Umi Kulsum Universitas Al Azhar Indonesia
  • Nunung Nurhasanah Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32665/jarcoms.v1i2.1304

Keywords:

endemi, ilmu agama, kuliah kerja nyata

Abstract

Bilik Pintar merupakan sebuah tempat yang menginspirasi karena meskipun mayoritas masyarakatnya adalah pemulung, mereka semangat untuk belajar. Salah satu keterbatasan di Bilik Pintar adalah kurangnya relawan pengajar khususnya yang berkaitan dengan ilmu agama Islam. Permasalahan tersebut dapat ditangani dengan pelaksanaan pembelajaran ilmu agama secara gratis dengan metode belajar sambil bermain untuk meningkatkan efektivitasnya. Kegitan ini diikuti 25 peserta dari perwakilan anak-anak Bilik Pintar usia 6-12 tahun. Secara khusus, kegiatan ini terdiri atas pembelajaran Bahasa Arab yang ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan kosa kata Bahasa Arab pada anak-anak. Hasil kegiatan ini ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan anak-anak dalam Bahasa Arab yang ditandai dengan kemampuan mereka dalam memperkenalkan diri menggunakan Baha Arab di akhir kegiatan. Di samping itu, kegiatan membaca Al-Qur’an dengan metode Iqra juga menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan, dan mampu meningkatkan kemampuan anak-anak dalam membaca Al-Qur’an dengan makharijul huruf dan tajwid yang baik. Selain itu, anak-anak juga dipaparkan informasi terkait kisah nabi, khususnya kisah nabi Yunus AS yang disampaikan melalui metode video (audio-visual). Selain disukai oleh anak-anak, metode ini juga dapat memudahkan anak-anak untuk memahami isi atau makna video tersebut. Selanjutnya, kegiatan ini dapat dikembangkan dengan mengintegrasikan berbagai ilmu selain ilmu agama sesuai dengan kebutuhan dari masyarakat.

References

Amaliah, S., & Prasetyo, T. (2021). Program Pondok Ceria Sarana Belajar Menyenangkan Anak-Anak Kampung Pancawati Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3614

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.30595/DINAMIKA.V8I1.943

Emani, F., Winoto, Y., & Kurniasih, N. (2014). Peranan Pengajar Di Rumah Pintar Dalam Menumbuhkan Minat Baca Pengguna. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 2(1). https://doi.org/10.24198/jkip.v2i1.11618

Fidesrinur, F., Fitria, N., & Amelia, Z. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pemanfaatan dan Pembuatan Media Pembelajaran Kognitif pada Kegiatan Rutinitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 4(2), 75–79. https://doi.org/10.36722/JPM.V4I2.943

Fitria, N., Azhar Indonesia, A., Sisingamangaraja, J., Masjid Agung Al Azhar, K., & Baru, K. (2020). Pemanfaatan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru Taman Kanak-Kanak Di Desa Cikidang, Sukabumi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 2(2), 57–67. https://doi.org/10.36722/JPM.V2I2.382

Imaddudin, I., & Fauziah, N. (2021). Menggali Potensi dan Kepercayaan Diri dalam Berkomunikasi Anak-anak di Bilik Pintar Kampung Penampungan Ghasong Jakarta. Jurnal Komitmen (Jurnal Pengabdian Masyarakat Fikom Ubhara Jaya), 1(2), 64–72. http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/komitmen/article/view/1092

Kadir, P. M., Herawati, I., & Rukhyana, B. (2022). Pengajaran 3 Bahasa (Inggris-Arab-Jepang) Di Madrasah Informal Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru. KAIBON ABHINAYA : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(1). https://doi.org/10.30656/ka.v4i1.3097

Kristiawati, K., & Yunitasari, E. (2018). Pemberdayaan Paud Sebagai Upaya Peningkatan Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini. Buletin Udayana Mengabdi, 17(3). https://doi.org/10.24843/bum.2018.v17.i03.p09

Lestari, N. G. A. M. Y. (2020). Penerapan Metode Mind Map Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni, 5(1).

Rahman, A., Marpaung, E. P., Lubis, H. F., Sinaga, M. N. F., & Nawawi, Z. M. (2021). Pengembangan Literasi Dasar dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Menulis pada Anak Usia Dini di Perumahan Indah Permai Desa Petatal. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2009

Sutardji. (2009). Karakteristik Demografi dan Sosial Ekonomi Pemulung. Jurnal Geografi, 6.

Syardiansah, S. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1). https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915

Umar, A., Savitri, A., Pradani, Y., Mutohat, & Khamid, N. (2021). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat Di Tengah Pandemi COVID-19 (Studi Kasus IAIN Salatiga KKn 2021). E-Amal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Visiaty, A., & Piantari, L. L. (2019). Program Inspirasi Belajar Bahasa Asing Bagi Remaja Dalam Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.36722/jpm.v1i2.337

Downloads

Published

2022-12-21

How to Cite

Maheswari, A. A., Musa, M. Z., Oktaviana, R., Muhammad, S. H., Masnun, S. F., Kulsum, U., & Nunung Nurhasanah. (2022). Meningkatkan Pendidikan dan Penghayatan Agama Islam di Bilik Pintar dalam Mewujudkan Indonesia Endemi. Journal of Research Applications in Community Service, 1(2), 59–66. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v1i2.1304
Abstract View: 1225, PDF Download: 159