Mengembangkan Ekonomi Kreatif Masyarakat Desa Jipo Melalui Branding dan Digital Marketing

Abstract View: 122, PDF Download: 106

Authors

  • Naning Kurniawati Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Abdul Basith Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Nurul Huda Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • M. Khoirul Afifatul Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.32665/jarcoms.v2i1.1392

Keywords:

Pengembangan, Potensi, Desa Jipo, KKN UNUGIRI, Developing

Abstract

Desa jipo terletak di ujung kabupaten bojonegoro berbatasan dengan kabupaten lamongan. Keberadaan lokasi tersebut, menjadikan desa jipo lebih beragam dan memiliki potensi dalam berbagai bidang yakni segi pendidikan, ekonomi, keagamaan, dan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi bidang pendidikan, ekonomi, keagamaan, dan kesehatan. Metode dalam penelitian ini adalah melakukan observasi, analisis, dan mapping data. Hasil penelitian potensi dari bidang pendidikan, ekonomi, keagamaan, dan kesehatan mengalami peningkatan yang dibuktikan dengan etika perilaku masyarakat, menciptakan produk kripik untuk UMKM, lebih relegius, dan lebih sadar akan hidup sehat. Kesimpulan dengan adanya KKN Unugiri Di Desa Jipo mengalami peningkatan dalam kehidupan masyarakat di berbagai bidang pendidikan, ekonomi, agama, dan kesehatan.

References

Ucapan terima kasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) perguruan tinggi Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri yang telah mendanai kegiatan ini sehingga terlaksana dengan baik. Dan kepada kepala kecamatan dan kepala desa Jipo yang telah mendukung kegiatan KKN selama satu bulan.

DAFTAR RUJUKAN

Akbar, M. F., Suprapto, S., & Surati, S. (2018). Partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan di Desa Jatimulya Kabupaten Boalemo. Jurnal Ilmu Administrasi, 6(2), 135–142. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/sibermas/article/view/11168

Badu, M., & Ampugo, J. M. (2020). Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan di Desa Kolaka Kecamatan Mori Atas Kabupaten Morowali Utara. Jurnal Ilmiah Administratie, 9(1), 11–20.

Bajuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI : Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 37. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/720

Imtihan, H., & Wahyunadi, F. (2017). Peran Pemerintah Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah. Neo-Bis, 11(1), 28–40.

Mardikanto, T. & Soebiato, P. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Alfabeta.

Mary Jo Dolansinski and Joel Roynolds. (2020). Microlearning: Model Pembelajaran Baru. Jurnal Riset Perhotelan & Pariwisata, 44(3), 551–561. https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/1096348020901579

Mustanir, A., Sellang, K., & Ali, A. (2019). Peranan Aparatur Pemerintah Desa dan Partisipasi Masyarakat Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Di Desa Tonrongnge Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. JCG: Jurnal Clean Goverment, 2(1), 67–84.

Notoatmojo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Prayitno, G., & Subagiyo, A. (2018). Membangun Desa: Merencanakan Desa dengan Pendekatan Partisipatif dan Berkelanjutan. Malang. Universitas Brawijaya Press.

Rita Ningsih. (2017). Peran Pendidikan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Bagi Mahasiswa. 60–69. http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_287881256862.pdf

Rohmat. (2013). Penguatan Pendidikan Berbasis Kewirausahaan dalam Pembentukan Ketahanan Nasional. Sosio-Relegia, 9(3).

Sabardila, A., Setiawaty, R., & Markhamah, M. (2020). Optimalisasi Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa Bugel Kecamatan Polokarto Melalui Program Sosialisasi. Integritas: Jurnal Pengabdian, 4(2), 235–246.

Sunjana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. J Adi Widya : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/article/view/27470

Wirawan, R., & Nurpratiwi, R. (2015). Partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan daerah. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 4(2).

Downloads

Published

2023-02-26

How to Cite

Kurniawati, N., Basith, A., Huda, N., & Afifatul, M. K. (2023). Mengembangkan Ekonomi Kreatif Masyarakat Desa Jipo Melalui Branding dan Digital Marketing. Journal of Research Applications in Community Service, 2(1), 21–28. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v2i1.1392
Abstract View: 122, PDF Download: 106