Pelatihan Penulisan Teks Bahasa Inggris Pada Video Reels di SMK Budi Utomo Sokaraja
Abstract View: 38, PDF Download: 28DOI:
https://doi.org/10.32665/jarcoms.v3i3.3392Keywords:
teks bahasa Inggris, video reels, pelatihan, reels video, trainingAbstract
Video reels menjadi salah satu format konten digital yang sangat populer di kalangan remaja, termasuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Di SMK Budi Utomo Sokaraja, kemampuan untuk menulis teks dalam bahasa Inggris untuk video reels dianggap penting untuk mendukung pengembangan kemampuan komunikasi digital siswa. Tujuan pelatihan ini yaitu untuk menaikkan kemampuan peserta dalam penulisan teks, meningkatkan kreativitas dan keterlibatan audiens, dan meningkatkan literasi dengan pemanfaatan teknologi digital. Pelatihan ini juga bertujuan untuk memberikan pembekalan peserta berupa kemampuan dalam membuat teks yang efektif dan menarik untuk digunakan dalam video reel. Dalam pelatihan ini, siswa akan belajar teori dan praktik melalui studi kasus, diskusi, dan praktik langsung. Metode pengajaran berpusat pada penggunaan teknik penulisan dalam konteks video reels serta analisis konten video reels. Hasil pelatihan ini dapat memberikan keterampilan praktis yang dapat diterapkan untuk kegiatan ekstrakurikuler, dan tugas akademik siswa. Selain itu, kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi secara efektif di era digital dan mempersiapkan siswa agar dapat berkontribusi dalam lingkungan media sosial secara aktif yang semakin berkembang.References
Adler, P. A., & Adler, P. (1987). Membership roles in field research (Vol. 6). Sage.
Aidah, S. N., & Indonesia, T. I. M. P. K. B. M. (2021). Cara efektif penerapan metode dan model pembelajaran (Vol. 54). Penerbit KBM Indonesia.
Diana, R., & Said, M. (2018). The Translation of Preposition “of” from English into Indonesian. Journal Of Language And Literature, 5(2).
Fauzi, A. A., Ridwan, L. M., Inayati, R., Asmaidi, A., & Tumilaar, R. (2023). Pelatihan Penggunaan Internet Aman dan Penangkalan Berita Hoax Pada Pengrajin Anyaman Bambu di Desa Loyok. Journal of Research Applications in Community Service, 2(4), 139–143.
Harefa, F. Y., & Widiastuti, W. (2023). Penggunaan metode tanya jawab untuk membangun keaktifan siswa pada pembelajaran jarak jauh. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 593–599.
Lestari, E. T., Irawan, F., & others. (2021). Analisis Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Ips Terpadu Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. HISTORICA DIDAKTIKA: JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH, BUDAYA DAN SOSIAL, 1(2), 11–19.
Lian, B. (2019). Tanggung jawab Tridharma perguruan tinggi menjawab kebutuhan masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Murni, D. (2022). Penggunaan media sosial dalam pembelajaran bahasa inggris di smkn 3 tanjungpinang. Journal of Maritime Empowerment, 4(2), 48–54.
Parsaorantua, P. H., Pasoreh, Y., & Rondonuwu, S. A. (2017). Implementasi teknologi informasi dan komunikasi (studi tentang web e-government di kominfo kota manado). Acta Diurna Komunikasi, 6(3).
Thahir, A. A., & Wahyuni, S. (2023). Pelatihan Penggunaan Reels Instagram sebagai Media Pembelajaran Digital. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3578–3582.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Research Applications in Community Service
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan