https://journal.unugiri.ac.id/index.php/JaRCOMS/issue/feedJournal of Research Applications in Community Service2024-09-16T00:00:00+00:00M. Ivan Ariful Fathonifathoni@unugiri.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>Journal of Research Applications in Community Service (JaRCOMS)</strong> merupakan journal penerapan riset dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM). Jurnal ini terbit empat kali setiap tahun, yaitu edisi Maret, Juni, September, dan Desember. Dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri. <em>Focus</em> dan <em>Scope</em> jurnal meliputi semua hasil pengabdian kepada Masyarakat yang berbasis riset. Jurnal menerapkan prosedur “publish-as-you-go” untuk terlebih dahulu menerbitkan judul manuskrip yang telah direview dan dinyatakan diterima di jurnal ini.</p> <p style="text-align: justify;"><strong><span class="label">DOI: </span><a href="https://doi.org/10.32665/jarcoms" target="_blank" rel="noopener"><span class="value">https://doi.org/10.32665/jarcoms</span></a></strong></p>https://journal.unugiri.ac.id/index.php/JaRCOMS/article/view/2967Penerapan Media Pembelajaran IPA Interaktif dalam Meningkatkan Literasi Sains Siswa di Sekolah Dasar 2024-09-10T15:22:07+00:00Nita Prasyama Azhariazharinita3@gmail.com<p>Salah satu keterampilan yang sangat penting di abad ke-21 adalah literasi sains; namun, hasil pencapaian siswa Indonesia dalam PISA termasuk rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menjelaskan sifat-sifat media pembelajaran IPA interaktif; (2) menjelaskan bagaimana media ini dapat digunakan untuk meningkatkan literasi sains siswa di Sekolah Dasar Negeri Tlacap, Sleman dengan mengajarkan materi tentang sistem pencernaan manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif deskriptif yang memfokuskan perhatian langsung kepada observasi lapangan. Sampel yang diuji yaitu siswa kelas VB Sekolah Dasar Negeri Tlacap, Sleman. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sifat media pembelajaran IPA interaktif, yaitu bersifat self-instructional, self-contained, stand-alone, dan menimbulkan interaksi saat digunakan; (2) media pembelajaran IPA interaktif secara signifikan membantu dalam meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar kelas V dalam materi sistem pencernaan ditandai dengan adanya peningkatan dalam pemahaman teks, keterampilan membaca, dan minat baca.</p>2024-09-16T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Research Applications in Community Servicehttps://journal.unugiri.ac.id/index.php/JaRCOMS/article/view/3067Pelatihan Literasi Kritis Terhadap Informasi di Madrasah Aliyah Darul Ulum, Sasa, Kota Ternate2024-09-05T04:19:56+00:00Akmal Jayaakmal.jaya@unkhair.ac.idRidwan Ridwanridwan@unkhair.ac.idJunaib Umarjunaib.umar@unkhair.ac.id<p>Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi kritis terhadap informasi di kalangan siswa Madrasah Aliyah Darul Ulum. Di era digital saat ini, siswa sering kali terpapar berbagai informasi dari internet dan media sosial yang tidak selalu dapat diandalkan. Oleh karena itu, kemampuan untuk secara kritis mengevaluasi dan menganalisis informasi menjadi keterampilan yang sangat penting. Proyek ini mencakup serangkaian lokakarya yang melibatkan ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan simulasi. Kurikulum yang disampaikan mencakup metode untuk mengidentifikasi misinformasi, mengevaluasi sumber informasi, dan menggunakan alat digital untuk memverifikasi kredibilitas informasi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan siswa untuk menilai keakuratan dan keandalan informasi yang mereka temui. Metode evaluasi termasuk pre-test, post-test, dan observasi partisipatif. Siswa juga melaporkan peningkatan kesadaran akan pentingnya literasi kritis dan penerapan keterampilan ini dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulannya, program pendidikan literasi kritis ini berhasil meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam mengelola informasi. Diharapkan program serupa dapat diimplementasikan secara luas untuk mempersiapkan generasi muda yang lebih tanggap dan bijaksana dalam menghadapi arus informasi di era digital.</p>2024-09-22T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Research Applications in Community Servicehttps://journal.unugiri.ac.id/index.php/JaRCOMS/article/view/2985Pendampingan Peningkatan Pengetahuan dalam Pencegahan Pernikahan Dini Siswa Siswi SMPN 5 Kota Bengkulu2024-09-10T15:32:13+00:00Ferasinta Ferasintaferasinta@umb.ac.idSelvia Novitasariselvianov@umb.ac.idLeni Rozanilenirozani@umb.ac.idAndry Sartikaandrysartika@umb.ac.idLussyefrida Yantilussyefrida@umb.ac.id<p>Pernikahan dini adalah penikahan yang terjadi apabila laki-laki atau perempuannya berada di bawah umur untuk menikah, yaitu umur di bawah 19 tahun. Pernikahan dini ini dapat mengakibatkan banyak sekali dampak negatifnya, mulai dari terjadinya KDRT karena beberapa faktor seperti kesusahan dalam bidang ekonomi ataupun ketidaksiapan laki-laki untuk memliki istri dan sebaliknya. Dan untuk perempuan, akibatnya adalah ketidaksiapan dalam melahirkan dan memilki anak. Metode pelaksanaan yang dilakukan yaitu dengan memberikan penyuluhan secara langsung, diskusi tanya jawab dan evaluasi peserta pengabdian. Maka dari itu, dalam penyuluhan ini sangat diharapkan bahwa siswa siswi sadar akan bahayanya pernikahan dini dan dapat meminimalisir terjadinya pernikahan usia dini. Hasil dari pengabdian ini yaitu siswa/i memahami akan pentingnya dilakukan pencegahan pernikahan dini sejak dini. Kesimpulan dari pengabdian ini yaitu pentingnya mengetahui dampak dari pernikahan dini pada siswa secara cepat.</p>2024-09-23T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Research Applications in Community Servicehttps://journal.unugiri.ac.id/index.php/JaRCOMS/article/view/3392Pelatihan Penulisan Teks Bahasa Inggris Pada Video Reels di SMK Budi Utomo Sokaraja2024-09-10T15:14:56+00:00Dini Riandinidiniriandini@amikompurwokerto.ac.idFaridatun Nidafaridatun.nida@amikompurwpketo.ac.idEly Purnawatielypurnawati@amikompurwokerto.ac.id<div><em><span lang="SV">Video reels</span></em></div> <div><span lang="SV"> menjadi salah satu format konten digital yang sangat populer di kalangan remaja, termasuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Di SMK Budi Utomo Sokaraja, kemampuan untuk menulis teks dalam bahasa Inggris untuk <em>video reels</em> dianggap penting untuk mendukung pengembangan kemampuan komunikasi digital siswa. Tujuan pelatihan ini yaitu untuk menaikkan kemampuan peserta dalam penulisan teks, meningkatkan kreativitas dan keterlibatan audiens, dan meningkatkan literasi dengan pemanfaatan teknologi digital. Pelatihan ini juga bertujuan untuk memberikan pembekalan peserta berupa kemampuan dalam membuat teks yang efektif dan menarik untuk digunakan dalam <em>video reel</em>. Dalam pelatihan ini, siswa akan belajar teori dan praktik melalui studi kasus, diskusi, dan praktik langsung. Metode pengajaran berpusat pada penggunaan teknik penulisan dalam konteks <em>video reels</em> serta analisis konten <em>video reels</em>. Hasil pelatihan ini dapat memberikan keterampilan praktis yang dapat diterapkan untuk kegiatan ekstrakurikuler, dan tugas akademik siswa. Selain itu, kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi secara efektif di era digital dan mempersiapkan siswa agar dapat berkontribusi dalam lingkungan media sosial secara aktif yang semakin berkembang.</span></div>2024-09-23T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Research Applications in Community Servicehttps://journal.unugiri.ac.id/index.php/JaRCOMS/article/view/3265Membangun Kedisiplinan Melalui Sepak Bola di SSB Bakat Muda Kedungadem 2024-09-10T15:14:12+00:00Nanin Verina Widya Putriverina@unugiri.ac.idHeru Iswantoheruiswanto@gmail.comTinta Adelia Agustinadeliatinta@gmail.comAlfian Dani Pradadanialfian869@gmail.com<p>Sekolah Sepak Bola adalah sekolah yang mewadai atlet mulai dari usia 9 tahun sampai 17 tahun yang mempunyai potensi di bidang olahraga sepak bola . Pembinaan atlet sepak bola sangat penting di terapkan di sekolah sepak bola mulai dari Kedisiplinan,Attitude Pengelolaan tim Program latihan dan sarana prasarana semua harus di perhatiakan agar Sekolah sepak bola tersebut dapat mencetak pemain yang berprestasi. Pengabdian kepada masyarakat ini adalah pengabdian kepada masyarakat yang menggunakan data kualitatif. Subjek pengabdian kepada masyarakat ini adalah sekolah sepak bola bakat muda kedungadem, pengurus sepak bola,pelatih sepak bola dan atlet SSB bakat muda kedungadem. Pengumpulan data di peroleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang di kumpulkan adalah dokumen yang berisi permasalahan, hambatan dan fenomena yang real terjadi di lapangan mengenai pembinaan atlet ssb bakat muda kedungadem. Tekhnik analisis data yang di gunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah Triangulasi. Hasil pengabdian kepada masyarakat menunjukan sistem pembinaan sepak bola bakat muda kedungadem belum berjalan dengan baik. Berdasarakan hasil pengabdian kepada masyarakat peneliti memberikan solusi: Perlu di rencanakan sekaligus di terapkan model ideal pelaksanaan pembinaan atlet sepak bola mulai usia dini sampai senior, merekomendasikan jadwal latihan terpisah antara usia dini dan senior agar pelatih dapat menerapakan program latiahan dan pembinaan secara baik dan berkelanjutan.</p>2024-09-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Journal of Research Applications in Community Service