PERAN LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI

Abstract View: 74, pdf Download: 39

Authors

  • Arsyia Fajarrini UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Raden Rachmy Diana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32665/abata.v4i1.2605

Keywords:

Lingkungan, Tempat tinggal, Perkembangan Bahasa, Anak usia dini

Abstract

Lingkungan sangat berpengaruh dalam membentuk kepribadian dan perkembangan bahasa anak, sehingga anak lebih mudah berkomunikasi serta bersosialisasi di kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan informan penelitian lima anak, lima orang tua dan dua guru kelas. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan analisis penelitian ini menggunakan teori dari Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran lingkungan tempat tinggal terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Hasil penelitian menyebutkan bahwa lingkungan sangat mempengaruhi perkembangan Bahasa anak. Lingkungan menjadi salah satu faktor yang  mampu memengaruhi perkembangan bahasa anak. Hal ini sesuai dengan teori behaviorisme yang menyatakan bahwa seseorang lahir dalam keadaan kosong sehingga lingkungan yang memeliki peran penting termasuk dalam pemerolehan bahasa. Selain itu juga dikarenakan adanya interaksi sosial anak dengan teman sebayanya. Perkembangan bahasa tidak hanya mengeluarkan bunyi saja melainkan anak juga mampu menguasai susunan dari kebahasaan tersebut.

References

Chaer, A. (2009). Psikoliguistik Kajian Toeritik. Reinaka Cipta.

Chairunnisa. (2018). Pemerolehan Bahasa Pada Bayi dan Anak. Cakrawala Dini, 9(2), 125–137.

Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik (Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia). Unika Atma Jaya.

Dewi, N. W. R., & Purandina, I. P. Y. (2022). Peran Lingkungan Keluarga Dalam Perkembangan Bahasa Anak Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Smart Paud, 5(2), 99–106.

Dewi, Y. S. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penanggulangan Stunting (Gangguan Pertumbuhan Pada Anak) Melalui Program Bandung Tanginas Di Kecamatan Rancasari Kota Bandung. Universitas Komputer Indonesia.

Dhieni, N. (2009). Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka.

Fatmawati, F. A. (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Caremedia Communication.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 119 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 119 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1650, 1–12.

Khadijah. (2006). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Perdana Surya Mulya.

Low J, Boyle J, Harris F, Harkness A, N. C. (1998). Screening for speech and language delay: asystemic review of the literature. Health Technology Assesment. Health Technology Assesment, 2(1), 1–5.

Matthew B, M., & A Michael, H. (1994). Qualitative data analysis. Sage Pub.

MISKIYAH, R. (2017). MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM BUKU “SEKOLAHNYA MANUSIA” KARYA MUNIF CHATIB DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. STAIN Kudus.

Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosdakarya.

Morisson, G. . (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks.

Purwo, B. K. (1997). Bahasa Anak. Unika Atma Jaya.

Puspita, Y., Hanum, F., Rohman, A., & Muhyar, Y. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga untuk Perkembangan Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4888–4900.

Puspitasari, E. (2021). PENERAPAN PERMAINAN “ SMART EGG PUZZLE ” DALAM PENDAHULUAN Pendidikan anak usia dini merupakan upaya pengasuhan dan pembinaan yang diarahkan kepada anak sejak usia nol sampai dengan usia 6 ( enam ) tahun yang bertujuan membantu pertumbuhan dan perkembanga. 1(1), 82–93.

Revina M & M. Faqih. (2013). Rahasia 10 AnakJenius di Dunia. Titik Media Publisher.

Saputra, F. (2017). Pengaruh lingkungan tempat tinggal terhadap perilaku anak. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 225–245.

Sofyan, H. (2015). Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkatannya. Infomedika.

Suciati. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pegembangan Bahasa Anak Usia Dini. ThufulA, 5(2).

Suhartono. (2005). Pengembangan Ketrampilan Bicara Anak Usia Dini. Dinas Pendidikan Nasional.

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks.

Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Bumi Aksara.

Tompkins, Gail E. dan Hoskinsson, K. (1991). Language Arts. Collier Macmillan Canada, Inc.

Yusuf, Muri, A. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Kencana.

Downloads

Published

2024-03-27

How to Cite

Arsyia Fajarrini, & Raden Rachmy Diana. (2024). PERAN LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.32665/abata.v4i1.2605

Issue

Section

Articles
Abstract View: 74, pdf Download: 39