PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HAFALAN SURAH PENDEK ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract View: 126, pdf Download: 192DOI:
https://doi.org/10.32665/abata.v4i1.2735Keywords:
Media Audio Visual, Hafalan Surah Pendek, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara media audio visual terhadap hafalan surah pendek anak usia 5-6 tahun di TK Fawwaz Fikri Jauhari Desa Kota Rantang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental Design dengan tipe Non Equivalent Control Group Design. Penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diberi perlakuan berbeda. Karena jumlah sampel kurang dari 100 maka menggunakan sampel total jumlah sampel sebanyak 24 anak usia 5-6 Tahun di TK Fawwaz Fikri Jauhari Desa Kota. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media audio visual terhadap hafalan surah pendek. Hal ini ditunjukkan pada hasil uji homogenitas yaitu fhitung > ftabel (13,09) > (2,818) maka data bersifat tidak homogen. Uji hipotesis pada uji-t didapatkan nilai thitung = 4,08 dengan taraf a = 0,05 didapat tabel t pada dk 11 diperoleh nilai ttabel = 2,201. Karena thitung > ttabel maka H0 diterima dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media audio visual mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hafalan surah pendek anak.
References
Aini, A. N. (2021). Daya Guna Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pada Anak Kelompok B Di TK Islam Pondok Sakinah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI], 1(4).
Andriani, A. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Disiplin Positif (DISPOS). Maghza Pustaka.
Aziz, A. (2021). Permainan Beberan (Kartu Soal) Terhadap Kemampuan Menghafal Surah Pendek Pada Anak Usia Dini. Waladi: Jurnal Wawasan Ilmu Anak Usia Dini, 1(1).
Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. KENCANA.
Hasnida. (2014). Media Pembelajaran Kreatif. PT. Luxima Metro Media.
Mardiyah, N. (2022). Penggunaan Media Video Pada Materi Menghafal Di Ra Bani Malik Ledug. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2). https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.538
Marsal. (2021). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Anak Menghafal Surah Pendek Al-Quran di TK Ruhama’ Kecamatan Pauh. 01(4). https://jfe.ppj.unp.ac.id/index.php/jfe/article/view/15/51
Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran (R. Awahita (ed.)). CV. Jejak.
Paramitra, R., Yuliati, N., & Saputri, S. weyara dienda. (2022). Upaya Penanaman Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 224–231. https://doi.org/10.32665/abata.v2i2.585
Pradita, L. E. (2023). Ekoliterasi Dalam Desain Pembelajaran. Wawasan Ilmu.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Sakti, H. F. B., Muizzah, S., & Wachidah, H. N. (2019). Pentingnya Pendidikan Al-Qur’an Guna Menumbuhkan Akhlak Terpuji Pada Anak Usia Dini Di Desa Bendunganjati Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.
Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874
Sri Rahayu, H. (2022). Pembelajaran Sentra Imtaq Berbasis Media Audiovisual Pada Masa Pademi Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 174–190. https://doi.org/10.32665/abata.v2i2.553
Tri, L., Swastyastu, J., Visual, M., & Pembelajaran, M. (2020). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Pemerolehan. 5(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.