Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa

Abstract View: 3204, pdf (Bahasa Indonesia) Download: 3563

Authors

  • Ahmad Manshur Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.207

Keywords:

Strategi pengembangan, kedisiplinan siswa

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk medeskripsikan strategi pengembangan kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa dan guru pada madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum  Bulu Balen Bojonegoro. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah:1. Strategi pengembangan kedisiplinan MTs Bahrul Ulum Bulu Balen Bojonegoro  yaitu:  a) Penyiapan  visi,  misi, motto, dan tujuan,      b) Penyiapan program kegiatan  khusus,  program  kegiatan  ini  sengaja  disiapkan  khusus  untuk mensosialisasikan dan             membimbing       dan mengawasi pelaksanaan pendidikan  kedisiplinan.  c)  Tata  tertib,  ini  digunakan  sebagai  aturan bertindak   bagi  siswa.  d) Sosialisasi,  yaitu  sosialisasi  tentang  kedisiplinan,   baik  dalam  tataran materi  maupun  aplikasinya. 2. pelaksanaan pendidikan  kedisiplinan  di  MTs Bahrul Ulum Bulu Balen Bojonegoro sudah  berjalan  dengan  sukses,  baik  dalam  aplikasinya maupun  hasilnya,  ini  terbukti  dengan  kedisiplinan  siswa  yang semakin meningkat,  baik  kedisiplinan  dalam  belajar  maupun  dalam  bersikap/ bergaul dengan teman-temannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Rohani dan Drs. H. Abu Ahmadi, Pengelolaan Pengajaran, Rineka Cipta, Jakarta, tt

Alex Sobur, Anak Masa Depan, Angkasa, Bandung, 1991

Chales Schaefer, Cara Efektif Mendidik dan Mendisiplinkan Anak, Jakarta, Kesaint Blanc, 1986

Hafi Anshari, Pengantar Ilmu Pendidikan, Usaha Nasional, Surabaya, 1983,hlm 670.

Hurlock EB, Perkembangan Anak, Erlangga, Jakarta, 1993

Muhibbin Syah, M.Ed, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, PT Remaja Rosda Karya, Bandung, 2003

Oemar Hamalik, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Trigenda Karya, Jakarta,1994

Soejitno Irmim, Abdul Rochim, Membangun Disiplin Diri Melalui Kecerdasan Spiritual dan Emosional, Batavia Press, Cet. I, 2004

Suryaningsih, Pengaruh Disiplin Terhadap Peningkatan Prestasi Hasil Belajar Siswa MTsN Malang I, RS. PI, 2004

The Liang Gie, Cara Belajar Yang Efisien, Pusat Kemajuan Studi UMG Press, Yogjakarta,1975

William F. Glueck, Lawrence R. Jauch, Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan, Erlangga, Jakarta, tt

Zuhairini dkk., Filsafat Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta, 1989

Published

2019-04-15

How to Cite

Manshur, A. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 16–28. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.207

Issue

Section

Articles
Abstract View: 3204, pdf (Bahasa Indonesia) Download: 3563