PERAN KELUARGA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK DI DESA BINANGGA KECAMATAN MARAWOLA KABUPATEN SIGI SULAWESI TENGAH
-
Abstract View: 67, pdf Download: 129DOI:
https://doi.org/10.32665/alumron.v4i2.1364Keywords:
belajar anak, keluarga, pendampinganAbstract
Artikel ini merupakan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat berjudul Penyuluhan Pelibatan Keluarga dalam Satuan Pendidikan di Desa Binangga Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi. Tujuan penulisan adalah mendeskripsikan peran keluarga dalam satuan pendidikan melalui kegiatan pendampingan pembelajaran anak di rumah pada masa pandemi Covid-19 saat ini. Pada masa pandemi saat ini pemerintah mengambil kebijakan dalam pelaksanaan proses pembelajaran siswa yang sebelumnya dilaksanakan secara luring di sekolah dialihkan menjadi kegiatan pembelajaran daring (online) di rumah. Hal ini menempatkan aspek pendidikan formal dan informal menjadi satu kesatuan sistem yakni melibatkan peran keluarga dan pihak sekolah secara bersama-sama sebagai bentuk kolaborasi. Kondisi tersebut mendorong semua pihak untuk saling bekerjasama sehingga terbangun komunikasi yang efektif dalam pendampingan belajar sekolah anak di rumah. Beban dan tanggung jawab keluarga terhadap kebutuhan belajar anak dalam hal ini menjadi lebih besar dibandingkan pada masa normal sebelumnya. Komunikasi antara pihak sekolah dan keluarga siswa dengan demikian menjadi persoalan krusial yang harus dilakukan sebaik-baiknya. Sasaran kegiatan atau yang menjadi mitra pengabdian adalah masyarakat Desa Binangga Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi. Bentuk kegiatan pengabdian ini menggunakan pendekatan penyuluhan sebagai bentuk sosialisasi Permendikbud Nomor 30 Tahun 2017 dan disertai dengan kegiatan pendampingan terhadap keluarga dalam proses pembelajaran anak di rumah.