PENDAMPINGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN ADMINISTRASI (SIPA) DESA SUMBER PANDAN
Abstract View: 125, pdf Download: 131DOI:
https://doi.org/10.32665/alumron.v4i1.1463Abstract
Corona virus disease 19 (Covid-19) mulai masuk Indonesia pada bulan maret 2020 dan menjadi pandemi di Indonesia. Hal ini mengakibatkan kebijakan pemerintah untuk membatasi mobilitas warga. Desa Sumber Pandan merupakan salah satu wilayah yang terdampak kebijakan pembatasan mobilitas warga tersebut, yakni kegiatan pengelolaan administrasi masyarakat di desa Sumber Pandan terkendala. Oleh karena itu, Kantor Desa Sumber Pandan memerlukan sistem informasi untuk pelayanan administrasi. Sistem informasi pelayanan administrasi ini kemudian dibangun dalam bentuk website, sehingga masyarakat tidak harus datang secara langsung ke Kantor Desa. Admin website tersebut nantinya dalah perangkat desa, dan pengguna adalah masyarakat desa sumber pandan. Setelah sistem informasi dibangun, perangkat desa ternyata mengalami kesulitan terkait teknis pengoperasian sistem pelayanan administrasi tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada perangkat desa agar dapat mengoperasikan sistem informasi pelayanan administrasi desa sumber pandan dengan baik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa webinar (website seminar) dengan menggunakan platform google meet. Hasil Pengabdian dilihat berdasarkan perbandingan nilai pretest dan posttest. Hasil pretest dengan nilai terendah 43 dan nilai tertinggi 67. Setelah dilaksanakan penyampaian materi yang disertai dengan praktek, dan selanjutnya dilakukan posttest, terlihat peningkatan yang cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai terendah posttest sebesar 75 dan nilai tertinggi 90.