WORKSHOP STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU DI LP MA’ARIF BOJONEGORO
WORKSHOP STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH/MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU DI LP MA’ARIF BOJONEGORO


DOI:
https://doi.org/10.32665/alumron.v6i1.4107Keywords:
Strataegi Kepemimpinan, Pendidikan, Mutu LembagaAbstract
Pendidikan merupakan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia yang bermartabat untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang maju, adil dan makmur dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka dan berkedaulatan rakyat. Pemberdayaan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu Lembaga Pendidikan Ma’arif di Bojonegoro melalui workhop strategi kepemimpinan Kepala Madrasah. Metode pemberdayaan ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset-Based Community Development) yang bertujuan untuk memanfaatkan kekuatan dan potensi kepala Sekolah/Madrasah yang dimiliki dalam memperbaiki mutu Pendidikan di Lp Ma’arif Bojonegoro. Kegiatan ini dilakukan dengan melakukan workshop interaktif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan kuesioner terbuka. Hasil kegiatan menunjukkanbahwa kepala madrasah yang memiliki kemampuan menerapkan strategi manajemen diri akan dapat menjadi inspirasi bagi guru-guru. Artinya para guru memiliki kesadaran pada tugas dan tanggung jawab tanpa harus selalu diingatkan atau diperintah. Manajemen Pendidikan merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengarahan dan pengawasan Lembaga Pendidikan dan penggunaan sumberdaya lainnya agar mencapai tujuan suatu Lembaga Pendidikan. 95% peserta kegiatan dapat menyusun strategi kepemimpinan yang dapat diimplementasikan di madrasah. Adapun dalam penentuan branding image pemimpin dapat dirumuskan oleh 92% peserta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

