Sistem Pengukuran Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Juru Parkir Berlangganan Metode Fuzzy Logic Mamdani
Abstract View: 180, .pdf Download: 157DOI:
https://doi.org/10.32665/almantiq.v1i1.323Keywords:
Indeks Kepuasan Masyarakat, Metode Fuzzy Logic Mamdani, WebAbstract
Isu utama pelayanan publik yang berkembang pesat di Indonesia ialah didalamya mengarah pada kualitas pelayanan yang masih rendah yang diberikan oleh pihak instansi, salah satu pelayanan yang masih rendah mengarah pada kualitas pelayanan juru parkir berlangganan di Kota Bojonegoro. Salah satu upaya instansi Dinas Perhubungan Bojonegoro untuk mengevaluasi pelayanan juru parkir berlangganan ialah dengan menggunakan indeks kepuasan masyarakat (IKM) sebagai salah satu tolak ukur kepuasan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisisa kualitas pelayanan juru parkir berlangganan menggunakan metode fuzzy logic mamdani berbasis web. Sejalan dengan pembuatan indeks kepuasan masyarakat yang masih manual oleh pihak instansi Dinas Perhubungan Bojonegoro, dibuatlah suatu sistem indeks kepuasan masyarakat dengan menggunakan metode fuzzy logic mamdani berbasis web, yang mana pada sistem ini mengukur kepuasan masyarakat tentang pelayanan juru parkir berlangganan yang telah diberikan oleh instansi Dinas Perhubungan Bojonegoro (DISHUB). Dengan hasil nilai rata-rata persentase 68.875 atau 69%% pada pelayanan juru parkir berlangganan yang diukur dengan menggunakan sistem indeks kepuasan masyarakat (IKM) menggunakan metode fuzzy logic mamdani berbasis web dengan kriteria (Baik), sedangkan pada uji kelayakan admin dan responden (masyarakat) mendapatkan nilai masing-masing admin = 83.33% dan masyarakat = 84.75% dengan kriteria “Sangat Layak”.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Multidisciplinary Applications of Quantum Information Science (Al-Mantiq)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.