ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA (STIMULUS DAN RESPONS) DALAM NOVEL ROBI'AH AL-ADAWIYAH KARYA AZEEZ NAVIEL MALIKIAN
Abstract View: 12, PDF Download: 13Keywords:
Psikologi Sastra, Novel, Robi'ah Al AdawiyahAbstract
Perilaku individu dapat di pengaruhi oleh lingkungan di sekitarnya. Kepribadian tokoh dalam sebuah cerita dapat di ciptakan oleh penulis untuk menggambarkan suatu kepribadian yang dimiliki oleh seseorang. Psikologi dan karya sastra memiliki keterkaitan karena keduanya sama – sama membahas tentang kehidupan manusia.Tingkah laku merupakan sebuah rangkaian sebab dan akibat dari adanya stimulus dan respon. Respon terjadi karena adanya stimulus yang di berikan. Penelitian ini bertujuan untuk membedah tingkah laku tokoh Robi’ah berdasarkan stimulus dan respon dalam novel perjalanan dan cinta wanita sufi Robi’ah Al Adawiya karya azeez naviel malakian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelittian ini adalah studi pustaka yaitu dengan cara mengumpulkan seluruh data yang berupa penggalan kalimat dan paragraf yang sesuai dengan kajian psikologi behavorisme Jhon B Whatson dalam novel tersebut. hasil analisis peneliti dalam penelitian ini yaitu 1. Stimulus kondisi batin atau pesikis yang dialami oleh tokoh utama. 2. Stimulus kondisi lingkungan tempat hidup tokoh utama 3. Kondisi lingkungan masyarakat tokoh utama 4. Berbagai respon yang muncul yang berasal dari stimulus tersebut baik berupa respon positif maupun negativ. Penelitian tentang analisis ini adalah analisis tokoh utama dengan teori behavorisme dalam novel perjalanan dan cinta wanita sufi Robi’ah Al – Adawiyah.
References
Semi, Atar. 1993. Metode penelitian sastra. Bandung: Angkasa. Sudjiman, Panuti dan Aart Vaab
Zoe, ed 1996. Serba – serbi Semiotika, Jakarta: Granmedia.
Andri wicaksono, M.Pd, 2014. Pengajian prosafiksi. Yogyakarta :Grudhawaca.
Azeez Naviel Malakian, Robiah Al-Adawiyah kisah perjalanan dan cinta Wanita sufi, Cet 2,
(pandanarum).
Nazir, M. 1988 Metode Penelitian, Ghaillai Indonesia: Jakarta.
http//jurnal.um-taspel.ac. id/indeks.php/nusantara/article/view/94. Diakses pada tanggal 31
Januari 2021 pada pukul 18:53.
Eni Fariyatul Fahyuni, Istiqomah. Psikologi Belajar & Mengajar. Sidoarjo. Nizamia Learning
Center. 2016.Hlm:26-27.
Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung. Remaja Rosdakarya. 2011. Hlm:44-
Farida Nugrahani,2014, Metode Penelitian Kualitatif, (Surakarrta:cakra books), hal,04.
Endaswara, Suwardi, Metodologi Penelitian Sastra, ( Yogyakarta: CAPS,Indonesia, 2010) Hal 59.
Endaswara, Suwardi, Metodologi Penelitian Sastra, ( Yogyakarta: CAPS,Indonesia, 2010) Hal 60.
Kutha Ratna, Nyoman.2009. Teori, Metode dan Teknik “Penelitian
Sastra”Yogyakarta:PustakaPelajar.
Rizka Amalia, Teori Behavoristik, ( makalah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo) 2010.
Budi Haryanto, PsikologiPendidikan dan Pengenalan teoriteori Belajar.Helm: 67 – 70.
Burhan Nurgiyantoro, Teori Pengkajian Fiksi (Yogyakarta : Gadjah Mada University Press,
, 247.
Jabrohim dan Suminto A. Sayutidkk, Cara Menulis Kreatif (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2001),
Burhan Nurgiantoro, Teori Pengkajian Fiksi (Yogyakarta : Gadjah Mada University Press, 2010),
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 An-Nas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.