KEPRIBADIAN TOKOH KARTIKA DALAM NOVEL CINTA DUA KODI KARYA ASMA NADIA

Abstract View: 1, PDF Download: 3

Authors

  • Afrizal Mufti IAIN Surakarta

Keywords:

Kepribadian, Novel, Cinta Dua Kodi, Asma Nadia

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya penokohan atau watak dari tokoh Kartika dalam novel “Cinta Dua Kodi”. Tujuan penelitian untuk mengetahui kepribadian tokoh kartika dan bagaimana pengaruh tokoh tersebut kepada para pembaca. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Psikoanalisis Sigmund Freud. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Data dari penelitian tersebut berupa hasil wawancara dari beberapa pembaca yang telah membaca novel “Cinta Dua Kodi”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian tokoh Kartika sebagai perempuan yang teguh pendirian, sabar, pekerja keras dan sederhana, religius. Tokoh kartika dalam novel tersebut menginspirasi pembaca sehingga adanya tokoh tersebut tidak hanya sebagai penghibur atau pelengkap dari jalan cerita dalam novel, akan tetapi benar-benar menjadi inspirasi dan hikmah yang bisa didapat diteladani oleh pembaca.”

References

Daftar Pustaka

Feist, J. and Feist, G. J. Theories of Personality. (5th Editi. New York: Mc. Graw Hil, 2008.

Hayati, Naila. “Pemilihan Metode Yang Tepat Dalam Penelitian (Metode Kuantitatif Dan Metode Kualitatif).” Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, Volume IV, Edisi 1, Hlm. 345-357 4, no. 1 (2015): 345–57.

Jusriani. “KONFLIK TOKOH DALAM NOVEL RINDU KARYA TERE LIYE (TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA).” Humanika 3, no. 15 (2015).

Noer, Karya Arifin C, Muhammad Imam Turmudzi, Mukh Doyin, Jurusan Bahasa, Fakultas Bahasa, and Universitas Negeri Semarang. “Jurnal Sastra Indonesia DALAM NASKAH DRAMA SUMUR TANPA DASAR” 2, no. 1 (2013): 1–10.

Nurgiyanto, Burhan. Teori Pengkajian Fiksi. Jakarta: Gadjah Mada, 2005.

Rahardjo, Prof H Mudjia, and M Si. “Sejarah Penelitian Kualitatif :” 1 dan 2 (2008): 1–9.

Rahmat, Wahyu. “Pengaruh Tipe Kepribadian Dan Kualitas Persahabatan Dengan Kepercayaan Pada Remaja Akhir” 2, no. 2 (2014): 206–16.

Rosita, Farida Yufarlina, and Achsani Ferdian. “Pendidikan Karakter Dalam Novel Cinta 2 Kodi Karya Asma Nadia.” Alayasastra 14, no. 1 (2018): 55–71.

Sastra, Psikologi, Ririn Setyorini, and Sarwiji Suwandi. “PENDIDIKAN KERJA KERAS PADA NOVEL RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI PERGURUAN TINGGI ( KAJIAN.” S2 Pendidikan Bahasa Indonesia 1, no. 1 (2016): 35–47.

Wellek, Rene & Austin W. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia, 1995.

Downloads

Published

2024-03-07
Abstract View: 1, PDF Download: 3