TINDAK TUTUR VERBAL KAJIAN PRAGMATIK LIRIK LAGU JAWA

Abstract View: 0, PDF Download: 2

Authors

  • Mohammad Tsaqibul Fikri Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro, Indonesia

Keywords:

ujaran, dialog, lirik

Abstract

“Kajian pragmatik merupakan bagian dari tutur/ujaran yang memiliki tanda atau simbol untuk diungkapkan. Ujaran ini dapat berupa lirik lagu yang kemudian dianalisis menjadi tindak tutur untuk dipahami secara keilmuan. Pembahasan ini kemudian difokuskan pada studi kasus lirik lagu dengan menggunakan bahasa Jawa, yakni lagu berjudul entit karya Andjar Any. Lagu ini dipilih karena memiliki lirik dengan model percakapan antara dua penyanyi di dalamnya. Terdapat lima jenis tindak tutur di dalam lirik lagu Entit, yakni tindak tutur direktif sebanyak 6 tuturan, tindak tutur asertif sebanyak 6 tuturan, tindak tutur komisif sebanyak 13 tuturan, tindak tutur verdiktif sebanyak 1 tuturan, dan tindak tutur ekspresif sebanyak 1 tuturan.”

References

Any, Andjar, et al. (1997) Musik Keroncong Menjawab Tantangan Jamannya (Kumpulan tulisan tentang Keroncong). Surabaya: Direktorat Kesenian.

Banoe, Pono. (2003). Kamus Musik.Yogyakarta: Kanisius.

Fikri, M. T., & Mistortoify, Z. (2017). PROSPEL: KEMUNCULANNYA PADA MUSIK KERONCONG. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni, 12(2), 51-61.

Haryono, Sutarno. (2010). Kajian Pragmatik: Seni Pertunjukan Opera Jawa. Surakarta: ISI Press Solo.

Leech, Geoffrey. (1993). Prinsip-prinsip pragmatik. Terj. M.D.D. Oka; pendamping, Setyadi Setyapranata. Jakarta: UI-Press.

Downloads

Published

2024-03-07
Abstract View: 0, PDF Download: 2