KAJIAN RESEPSI SASTRA DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL FAITH AND THE CITY KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA
Abstract View: 19, PDF Download: 48Keywords:
Novel, Resepsi Sastra, Nilai-nilai Pendidikan, Karakter, Pendidikan KarakterAbstract
“Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mendeskripsikan resepsi pembaca
novel Faith and The City karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra.
Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka dengan menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah teknik analisis isi dokumen dan teknik wawancara. Peneliti menggunakan
berbagai teknik pengumpulan data (analisis isi dokumen yang mendalam) dan
menggunakan teori kajian resepsi sastra. Kemudian teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan
resepsi pembaca novel Faith and The City karya Hanum Salsabiela Rais dan
Rangga Almahendra ini memiliki persepsi yang tidak jauh berbeda, yaitu mereka
sepakat bahwa novel Faith and The City merupakan novel yang yang sangat unik,
menarik, dan representatif dibaca oleh semua kalangan. Banyak pembelajaran dan
nilai-nilai pendidikan karakter yang positif dapat diambil pelajarannya bagi
pembaca.”
References
Moleong, Lexi J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset., n.d.
Nurgiyantoro, Burhan. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.,
Pradopo, Rahmat Djoko. Prinsip-Prinsip Kritik Sastra Teori Dan Penerapannya.
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press., n.d.
Rahmawati, Endang, and Achsani Ferdian. “Nilai-Nilai Moral Novel Peter Karya Risa
Saraswati Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Bahasa.” Lingua Franca: Jurnal
Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 7, no. 1 (2019): 52–64.
Rosita, Farida Yufarlina, and Achsani Ferdian. “Pendidikan Karakter Dalam Novel Cinta 2
Kodi Karya Asma Nadia.” Alayasastra 14, no. 1 (2018): 55–71.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 An-Nas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.