MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB DI MADRASAH: TINJAUAN SISTEMATIS PENDEKATAN, TEORI, DAN TEMUAN EMPIRIS

Abstract View: 0, PDF Download: 0

Authors

  • Astoya Saimulani Pasca sarjana UIN Raden Intan Lampung
  • Agus Pahrudin Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Erlina Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung`

DOI:

https://doi.org/10.32665/annas.v9i2.4876

Keywords:

kurikulum Bahasa Arab, madrasah, pendekatan integratif, inovasi pendidikan

Abstract

Abstrak: Pengembangan kurikulum Bahasa Arab di madrasah memiliki urgensi tinggi mengingat perannya sebagai bahasa utama dalam memahami ajaran Islam, namun masih menghadapi berbagai kendala dalam hal efektivitas pembelajaran, integrasi nilai-nilai keislaman, serta relevansi dengan kebutuhan zaman. Artikel ini bertujuan untuk menyusun tinjauan sistematis terhadap berbagai pendekatan, teori, dan model pengembangan kurikulum Bahasa Arab di madrasah, dengan menganalisis kekuatan dan kelemahan masing-masing model serta menawarkan rekomendasi pengembangan yang holistik dan kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbasis studi pustaka terhadap berbagai sumber ilmiah terkini, dengan kriteria inklusi mencakup publikasi lima tahun terakhir yang relevan secara empiris maupun teoritis. Hasil kajian menunjukkan bahwa model integratif (kurikulum nasional-pesantren), pendekatan nadhariyyah al-wihdah, multiliterasi berbasis kearifan lokal, hingga pendekatan berbasis teknologi dan ACTFL telah diterapkan dengan hasil bervariasi. Keberhasilan pengembangan kurikulum sangat ditentukan oleh keterlibatan guru, relevansi konteks lokal, serta kesiapan infrastruktur digital. Meski terdapat berbagai inovasi, ditemukan pula tantangan berupa ketidaksiapan guru, keterbatasan sarana, dan kesenjangan antara idealisme kurikulum dan praktik lapangan. Dengan menyintesis temuan-temuan tersebut, artikel ini merekomendasikan model pengembangan kurikulum Bahasa Arab yang adaptif secara digital, berbasis nilai spiritual, dan relevan dengan dinamika sosial budaya madrasah masa kini.

References

Aziz, Muhammad Tareh, Laili Mas Ulliyah Hasan, and Riyadi Riyadi. “Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Kontekstual Pada Madrasah Aliyah Raudhatul Muttaqien.” DAARUS TSAQOFAH Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin 1, no. 2 (2024): 138–45. https://doi.org/10.62740/jppuqg.v1i2.150.

Fortus, David, and Joseph Krajcik. “Supporting Contextualization: Lessons Learned from Throughout the Globe.” In International Perspectives on the Contextualization of Science Education, 175–83. Cham: Springer International Publishing, 2020. https://doi.org/10.1007/978-3-030-27982-0_9.

Hasanah, Suci Uswatun, Rusdin Rusdin, and Ubadah Ubadah. “Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Di Era Society 5 . 0 : Sebuah Kajian Literatur” 1 (2022): 1–5.

Huda, M Masrur. “Filosofi Pembelajaran All One System Dalam Terapan Bahasa.” Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora 7, no. 1 (2020): 131–44.

Ismail, Maulana, Miftahul Jannah, Finna Rahmatia, and Herlini Puspika Sari. “Peran Pendidikan Al-Qur’an Dan Hadis Terhadap Pembentukan Kebudayaan Islam.” La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam 17, no. 1 (2025): 101–15.

Kholiq, Ilham Nur, and Anyes Lathifatul Insaniyah. “Implementasi KMA 183 Dalam Kurikulum Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah Berbasis Pesantren Blokagung Banyuwangi.” TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 2 (2024): 238–54.

Malkan, Mardhiya Agustina, Wardhatul Jannah, and Rif’ah Kasyfuddin Jamhuri. “Arabic Language Skills Development Through The Application Of Language Disciplines In Modern Islamic Boarding Schools/ تطوير مهارات اللغة العربية وجعلها نظاما للتواصل في المعهد الإسلامي العصري.” Jurnal Al-Maqayis 9, no. 2 (November 2022): 215. https://doi.org/10.18592/jams.v9i2.6857.

Mubarak, Hamdy, Shimaa Amer, Ahmed Abdelali, and Kareem Darwish. “Arabic Curriculum Analysis.” In Proceedings of the 28th International Conference on Computational Linguistics: System Demonstrations, 80–86. Stroudsburg, PA, USA: International Committee on Computational Linguistics (ICCL), 2020. https://doi.org/10.18653/v1/2020.coling-demos.15.

Muliardi, Muliardi. “Mengembangkan Kreativitas Dan Karakter Bangsa Melalui Kurikulum Merdeka Di Madrasah.” Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora 2, no. 1 (April 2023): 1–12. https://doi.org/10.56113/takuana.v2i1.68.

Nisa, Mauidlotun, and Syamsul Arifin. “Bahasa Arab Untuk Tujuan Khusus Di Indonesia Dan Malaysia: Tinjauan Normatif Dan Empiris.” Buletin Al-Turas 26, no. 1 (February 2020): 37–53. https://doi.org/10.15408/bat.v26i1.13303.

Nugraha, Mulyawan Safwandy, and Zoni Juniatul Hidayat. “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 3, no. 2 (December 2023): 51–56. https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i2.283.

Nurhayati, and Usiono. “Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Di Sekolah MTS Ali Imron Bandar Selamat.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume: 5, no. April (2025): 176–88. https://doi.org/10.47709/educendikia.v5i01.

Nurhikmah, Nurhikmah, Muhammad Ibrahim, and Muhammad Ibrahim. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MADRASAH ALIYAH.” Al-Maraji’ : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 7, no. 1 (June 2023): 47–64. https://doi.org/10.26618/almaraji.v7i1.12778.

Rahmawati, Errin Tri, Erwin Apriliani, and Fery Diantara. “Perbaikan Substansi Kurikulum Melalui Inovasi Dalam Menghadapi Problematika Era Revolusi 4.0.” AL YASINI: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan 06, no. 36 (2021): 91–114.

Ramírez Espinosa, Alexánder, and Fanny Hernández Gaviria. “Learning Strategies in Action.” Revista Boletín Redipe 11, no. 04 (April 2022): 67–83. https://doi.org/10.36260/rbr.v11i04.1802.

S, Febry Ramadani. “Model Organisasi Dan Model Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Madrasah Berbasis Pesantren Di Ibnul Qoyyim Yogyakarta.” Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 01 (2020): 99–126. https://doi.org/10.32699/liar.v4i01.1203.

Sholihah, Mamluatu, Risda Aprilia, and Fathi Hidayah. “PENERAPAN MODEL TYLER PADA PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB DI MTS JA-ALHAQ KOTA BENGKULU.” MUMTAZ: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2023): 105–21.

Yunita, Syarah, Dian Masrura, Septika Bayzura, and Saariah. “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka Di Madrasah Aliyah Negeri Sorong: Implementasi Dan Problematikanya.” Nady Al-Adab: Jurnal Bahasa Arab 21, no. 3 (2024).

Aziz, Muhammad Tareh, Laili Mas Ulliyah Hasan, and Riyadi Riyadi. “Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Kontekstual Pada Madrasah Aliyah Raudhatul Muttaqien.” DAARUS TSAQOFAH Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin 1, no. 2 (2024): 138–45. https://doi.org/10.62740/jppuqg.v1i2.150.

Fortus, David, and Joseph Krajcik. “Supporting Contextualization: Lessons Learned from Throughout the Globe.” In International Perspectives on the Contextualization of Science Education, 175–83. Cham: Springer International Publishing, 2020. https://doi.org/10.1007/978-3-030-27982-0_9.

Hasanah, Suci Uswatun, Rusdin Rusdin, and Ubadah Ubadah. “Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Di Era Society 5 . 0 : Sebuah Kajian Literatur” 1 (2022): 1–5.

Huda, M Masrur. “Filosofi Pembelajaran All One System Dalam Terapan Bahasa.” Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora 7, no. 1 (2020): 131–44.

Ismail, Maulana, Miftahul Jannah, Finna Rahmatia, and Herlini Puspika Sari. “Peran Pendidikan Al-Qur’an Dan Hadis Terhadap Pembentukan Kebudayaan Islam.” La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam 17, no. 1 (2025): 101–15.

Kholiq, Ilham Nur, and Anyes Lathifatul Insaniyah. “Implementasi KMA 183 Dalam Kurikulum Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah Berbasis Pesantren Blokagung Banyuwangi.” TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 2 (2024): 238–54.

Malkan, Mardhiya Agustina, Wardhatul Jannah, and Rif’ah Kasyfuddin Jamhuri. “Arabic Language Skills Development Through The Application Of Language Disciplines In Modern Islamic Boarding Schools/ تطوير مهارات اللغة العربية وجعلها نظاما للتواصل في المعهد الإسلامي العصري.” Jurnal Al-Maqayis 9, no. 2 (November 2022): 215. https://doi.org/10.18592/jams.v9i2.6857.

Mubarak, Hamdy, Shimaa Amer, Ahmed Abdelali, and Kareem Darwish. “Arabic Curriculum Analysis.” In Proceedings of the 28th International Conference on Computational Linguistics: System Demonstrations, 80–86. Stroudsburg, PA, USA: International Committee on Computational Linguistics (ICCL), 2020. https://doi.org/10.18653/v1/2020.coling-demos.15.

Muliardi, Muliardi. “Mengembangkan Kreativitas Dan Karakter Bangsa Melalui Kurikulum Merdeka Di Madrasah.” Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora 2, no. 1 (April 2023): 1–12. https://doi.org/10.56113/takuana.v2i1.68.

Nisa, Mauidlotun, and Syamsul Arifin. “Bahasa Arab Untuk Tujuan Khusus Di Indonesia Dan Malaysia: Tinjauan Normatif Dan Empiris.” Buletin Al-Turas 26, no. 1 (February 2020): 37–53. https://doi.org/10.15408/bat.v26i1.13303.

Nugraha, Mulyawan Safwandy, and Zoni Juniatul Hidayat. “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 3, no. 2 (December 2023): 51–56. https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i2.283.

Nurhayati, and Usiono. “Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Di Sekolah MTS Ali Imron Bandar Selamat.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume: 5, no. April (2025): 176–88. https://doi.org/10.47709/educendikia.v5i01.

Nurhikmah, Nurhikmah, Muhammad Ibrahim, and Muhammad Ibrahim. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MADRASAH ALIYAH.” Al-Maraji’ : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 7, no. 1 (June 2023): 47–64. https://doi.org/10.26618/almaraji.v7i1.12778.

Rahmawati, Errin Tri, Erwin Apriliani, and Fery Diantara. “Perbaikan Substansi Kurikulum Melalui Inovasi Dalam Menghadapi Problematika Era Revolusi 4.0.” AL YASINI: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan 06, no. 36 (2021): 91–114.

Ramírez Espinosa, Alexánder, and Fanny Hernández Gaviria. “Learning Strategies in Action.” Revista Boletín Redipe 11, no. 04 (April 2022): 67–83. https://doi.org/10.36260/rbr.v11i04.1802.

S, Febry Ramadani. “Model Organisasi Dan Model Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Madrasah Berbasis Pesantren Di Ibnul Qoyyim Yogyakarta.” Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 01 (2020): 99–126. https://doi.org/10.32699/liar.v4i01.1203.

Sholihah, Mamluatu, Risda Aprilia, and Fathi Hidayah. “PENERAPAN MODEL TYLER PADA PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB DI MTS JA-ALHAQ KOTA BENGKULU.” MUMTAZ: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2023): 105–21.

Yunita, Syarah, Dian Masrura, Septika Bayzura, and Saariah. “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka Di Madrasah Aliyah Negeri Sorong: Implementasi Dan Problematikanya.” Nady Al-Adab: Jurnal Bahasa Arab 21, no. 3 (2024).

Downloads

Published

2025-09-21
Abstract View: 0, PDF Download: 0