PEMANFAATAN KARYA SASTRA LOMBOK DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS LMS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BUDAYA DAN SASTRA DAERAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN


DOI:
https://doi.org/10.32665/annas.v9i2.4948Keywords:
Sastra Lombok, LMS, digital divide, TPACK, pembelajaran hybrid.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran berbasis Learning Management System (LMS) dalam meningkatkan pemahaman budaya dan minat baca sastra daerah Lombok di kalangan siswa SMK. Menggunakan pendekatan mixed-methods explanatory sequential design (Creswell & Clark, 2018), penelitian ini menggabungkan eksperimen kuasi dengan non-equivalent control group (melibatkan 60 siswa SMK) dan analisis kualitatif melalui wawancara mendalam dengan guru serta pemeriksaan log LMS. Hasil kuantitatif menunjukkan peningkatan signifikan pemahaman budaya pada kelompok eksperimen (M=82.1, SD=6.7) dibanding kelompok kontrol (M=65.3, SD=8.2) dengan efek besar (*d*=1.82, *p*<0.001). Minat baca sastra daerah juga meningkat dari 2.8 (pretest) menjadi 4.1 (posttest) pada skala Likert (*p*<0.001), dengan korelasi kuat antara penggunaan LMS dan minat baca (*r*=0.76, *p*=0.002). Analisis kualitatif mengungkap tiga temuan utama: (1) LMS memfasilitasi pembelajaran multimodal (72% siswa mengakses materi audiovisual dalam 24 jam); (2) Tantangan implementasi meliputi keterbatasan bandwidth (40% gangguan sesi) dan literasi digital guru (hanya 40% mampu menggunakan fitur interaktif); (3) Strategi adaptasi kreatif seperti distribusi via USB dan kolaborasi dengan seniman lokal terbukti efektif. Temuan ini memperkuat teori TPACK (Mishra & Koehler, 2006) dan self-determination (Ryan & Deci, 2017), sekaligus menyoroti two-layer digital divide (infrastruktur dan kompetensi) di daerah pedesaan.
References
Braun, Virginia, and Victoria Clarke. Using Thematic Analysis in Psychology. Qualitative Research in Psychology 3, no. 2 (2006): 77–101.
Branch, Robert M. Instructional Design: The ADDIE Approach. 2nd ed. New York: Springer, 2020.
Brinkmann, Svend. “Interview.” In Encyclopedia of Critical Psychology, edited by Thomas Teo, 1008–1010. New York: Springer, 2014.
Cohen, Louis, Lawrence Manion, and Keith Morrison. Research Methods in Education. New York: Routledge, 2018.
Creswell, John W., and Vicki L. Plano Clark. Designing and Conducting Mixed Methods Research. Thousand Oaks, CA: Sage, 2018.
Febriani, R., et al. “LMS for Literature Learning.” Journal of Educational Technology, 2022.
Field, Andy. Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics. 5th ed. Thousand Oaks, CA: Sage, 2018.
Hinkin, Timothy R. “A Brief Tutorial on the Development of Measures for Use in Survey Questionnaires.” Organizational Research Methods 1, no. 1 (1998): 104–121.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Panduan Implementasi Teknologi Digital di Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2023.
Liu, Yun, et al. “Digital Storytelling in Cultural Education: A Meta-Analysis.” Computers & Education (2023).
Lombok Cultural Heritage Center. Katalog Sastra Sasak. Lombok: Lombok Cultural Heritage Center, 2021.
Merriam, Sharan B., and Elizabeth J. Tisdell. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. San Francisco: Jossey-Bass, 2016.
Mishra, Punya, and Matthew J. Koehler. “Technological Pedagogical Content Knowledge.” Teachers College Record 108, no. 6 (2006): 1017–1054.
Nurgiyantoro, Burhan. Sastra Digital. Yogyakarta: UGM Press, 2022.
Patton, Michael Quinn. Qualitative Research & Evaluation Methods. 4th ed. Thousand Oaks, CA: Sage, 2015.
Rahman, Ahmad. Nilai Budaya Sastra Lombok. Mataram: Lengge Press, 2019.
Ragnedda, Massimo. The Third Digital Divide: A Weberian Approach to Digital Inequalities. New York: Routledge, 2017.
Ryan, Richard M., and Edward L. Deci. Self-Determination Theory. New York: Guilford Press, 2017.
Sarwadi, et al. “The Impact of Learning Management Systems (LMS) on University Students' Language Skills.” Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris (Sinta 2), 2025.
Sarwadi. “Integrasi Pendekatan Neurolinguistik dalam Learning Management System (LMS) untuk Pembelajaran Bahasa Kedua di Sekolah Menengah.”, 2025.
Tabachnick, Barbara G., and Linda S. Fidell. Using Multivariate Statistics. 7th ed. New York: Pearson, 2019.
UNESCO. Intangible Cultural Heritage in Education. Paris: UNESCO Publishing, 2021.
van Dijk, Jan A. G. M. The Digital Divide. Cambridge: Polity Press, 2020.
Downloads
Published
License
Copyright (c) 2025 SYAHRONI, Sarwadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

