PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI
Abstract View: 415, pdf Download: 516DOI:
https://doi.org/10.32665/citius.v1i1.189Abstract
Penelitian fokus pada permainan tradisional sebagai alat untuk membantu proses pembelajaran Pendidikan jasmani dan olahraga disekolah, permainan tradisional merupakan permainan rakyat yang sudah dimainkan sejak jaman dahulu. Aspek kognitif, afektif dan psikomotor dapat ditingkatkan melalui permainan tradisional, untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode experimental dengan One-Grup Prettest-posttest design. Populasi dan sampel yaitu SDN Tanjungharjo IV yang berjumlah 25 orang dengan teknik purposive sampling teknik pengeumpulan data ini menggunakan angket hasil belajar. Pengujian hipotesis menggunakan t-test: paired two sample for means. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan tradisional terhadap hasil belajar siswa. Dengan t-hitung > t tabel (3,644 > 2,262) maka keputusan Ha diterima dan H0 ditolak. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah mendapat perlakuan permainan tradisional.
References
Gandasari, Maharani Fatima. 2019. “Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Sepak Beleg Terhadap Kemampuan Kelincahan Anak Usia 7-10 Tahun.” Jurnal Ilmu Keolahragaan II(April).
Kharisma, Yudhi, and M. Zakky Mubarok. 2020. “Pengaruh Latihan Interval Dengan Latihan Fartlek Terhadap Peningkatan VO2Max Pemain Bola Voli.” Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 6(02 SE-Articles):125–31.
Taufik, Muhamad Syamsul. 2019. “Meningkatkan Teknik Dasar Dribbling Sepakbola Melalui Modifikasi Permainan.” Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreas 8(1).